Sosialisasi Ilmu Pengetahuan Hospitality Agar Menjadi Hotelier Profesional Di SMAN 19 Batam

Authors

  • Arina Luthfini Lubis Politeknik Pariwisata Batam
  • Supardi Politeknik Pariwisata Batam
  • Zahara Fatimah Politeknik Pariwisata Batam
  • Andri Wibowo Politeknik Pariwisata Batam

DOI:

https://doi.org/10.59193/jkw.v2i2.261

Keywords:

PKM, Hospitality, Penyuluhan, Keterampilan, Industri Perhotelan

Abstract

Kegiatan PKM ini menggambarkan kegiatan sosialisasi ilmu pengetahuan hospitality yang diadakan di SMAN 19 Batam oleh tim dosen dari Politeknik Pariwisata Batam. Tujuannya adalah untuk memperkenalkan siswa dengan dunia industri perhotelan serta mendorong minat mereka untuk mengejar karir di bidang tersebut. Melalui serangkaian kegiatan seperti penyuluhan, workshop, dan kunjungan lapangan, siswa diberikan kesempatan untuk memperdalam pemahaman mereka tentang aspek-aspek penting dalam industri perhotelan, termasuk etika profesi, keterampilan komunikasi, dan kepemimpinan. Dukungan dari praktisi dan ahli hospitality dalam menyampaikan materi juga menjadi faktor kunci dalam membentuk pemahaman yang komprehensif bagi siswa. Selain memberikan pengetahuan teoritis, kegiatan ini juga memberikan kesempatan praktis bagi siswa untuk merasakan langsung suasana dan tugas-tugas yang terlibat dalam dunia perhotelan melalui simulasi dan kunjungan lapangan. Hal ini bertujuan untuk memberikan pengalaman nyata yang dapat memperkuat pemahaman siswa serta membantu mereka mengembangkan keterampilan yang diperlukan di dunia kerja. Selain itu, kegiatan ekstrakurikuler terkait hospitality juga diperkuat sebagai upaya untuk mendorong partisipasi siswa dalam aktivitas yang dapat memperdalam pemahaman dan keterampilan mereka dalam industri perhotelan. Rekomendasi untuk melanjutkan kegiatan serupa di masa mendatang termasuk perluasan jangkauan ke lebih banyak sekolah, penguatan kolaborasi dengan industri perhotelan lokal, serta evaluasi berkelanjutan terhadap dampak jangka panjang dari kegiatan ini. Dengan demikian, diharapkan kegiatan pengabdian ini dapat terus berkembang dan memberikan manfaat yang signifikan bagi siswa serta industri perhotelan di Batam.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Andriani, R. (2021) ‘Pengaruh Sumber Daya Manusia Hotel Terhadap Kualitas Pelayanan di Hotel Bunda Bukit Tinggi’, Jurnal Menara Ilmu, 15(02), pp. 90–94.

Andriyani, A. A. A. D., Wijaya, G. T. and Aridayani, M. L. (2022) ‘Pelatihan Hospitality Kepada Siswa LPK Singaraja dan Lampung Secara Daring’, Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat: Lokatara Saraswati, 1(1), pp. 1–7.

As Shiddiqi, R., Supardi and Lubis, A. L. (2023) ‘Analisis Keterampilan Pribadi Room Attendant Untuk Meningkatkan Kepuasan Pengunjung the Golden Bay Hotel Batam’, Jurnal Mekar, 2(1), pp. 28–33. doi: 10.59193/jmr.v2i1.159.

Diana, W. and Ramadhan, Y. (2022) ‘Etika Profesi dalam Perusahaan Jasa Sub Sektor Hotel’, Fair Value: Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Keuangan, 4(Spesial Issue 6), pp. 2111–2116.

Lestari, N. S. and Millenia, E. (2022) ‘Minat Berkarier di Industri Perhotelan Dipengaruhi Oleh Pengalaman Magang’, Jurnal Manajemen Perhotelan dan Pariwisata, 5(3), pp. 400–407. doi: 10.23887/jmpp.v5i3.51789.

Liana, W. (2022) ‘Upaya Meningkatkan Profesionalisme Karyawan Pada Hotel Gran Nikita Prabumulih’, Jurnal Ilmiah Ilmu Pengetahuan Teknologi dan Seni, 1(2), pp. 67–72.

Rahman, A. et al. (2023) ‘Hospitality Training bagi Pemuda Karang Taruna Desa Wisata Dokan’, Jurnal Pengabdian Aceh, 3(1), pp. 53–59. Available at: https://www.jpaceh.org/index.php/pengabdian/article/view/202%0Ahttps://www.jpaceh.org/index.php/pengabdian/article/download/202/135.

Subakti, A. G. (2013) ‘Hotelier: A Passion or A Profession?’, Binus Business Review, 4(1), pp. 111–120. doi: 10.21512/bbr.v4i1.1040.

Suprastayasa, I. G. N. A. et al. (2022) Inovasi Dalam Hospitality. 1st edn. Bali: Politeknik Pariwisata Bali. Available at: www.ppb.ac.id.

Downloads

Published

2024-07-11

How to Cite

Lubis, A. L., Supardi, Fatimah, Z., & Wibowo, A. (2024). Sosialisasi Ilmu Pengetahuan Hospitality Agar Menjadi Hotelier Profesional Di SMAN 19 Batam. JURNAL KEKER WISATA, 2(2), 224–236. https://doi.org/10.59193/jkw.v2i2.261

Issue

Section

JULI 2024

Most read articles by the same author(s)

Similar Articles

<< < 1 2 

You may also start an advanced similarity search for this article.