STRATEGI PENTA HELIX DALAM PENGEMBANGAN DESA WISATA CIBURIAL KABUPATEN BANDUNG

Authors

  • Asep Rohendi Shiddik Prodi Manajemen Kekhususan Pariwisata, STIEPAR YAPARI

DOI:

https://doi.org/10.59193/jmr.v4i2.312

Keywords:

Desa Wisata, Pentahelix, Pengembangan Wisata, Kolaborasi Berkelanjutan

Abstract

Desa Wisata Ciburial di Kabupaten Bandung memiliki potensi besar dalam pariwisata alam dan budaya. Namun, pengembangannya menghadapi tantangan signifikan, terutama terkait dengan keterbatasan lahan yang dikelola masyarakat lokal, minimnya partisipasi warga dalam pengelolaan wisata, serta rendahnya promosi digital. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji penerapan strategi Pentahelix sebagai pendekatan kolaboratif yang melibatkan lima elemen utama—akademisi, bisnis, komunitas, pemerintah, dan media—untuk mengoptimalkan potensi pariwisata Desa Ciburial. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, termasuk analisis SWOT, untuk mengidentifikasi kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman yang memengaruhi perkembangan pariwisata desa ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, walaupun desa memiliki daya tarik wisata alam dan budaya yang kuat, beberapa faktor seperti dominasi lahan oleh pihak eksternal, keterbatasan produk cinderamata khas desa, dan kurangnya sarana penginapan menghambat kemajuan pariwisata di Ciburial. Diperlukan peran yang lebih optimal dari akademisi dalam pelatihan masyarakat, peningkatan keterlibatan UMKM dalam menyediakan produk wisata, serta strategi promosi yang lebih kuat melalui media sosial. Kolaborasi antara kelima elemen Pentahelix ini diharapkan dapat menciptakan nilai tambah bagi masyarakat, mendorong pertumbuhan ekonomi lokal, dan mewujudkan Desa Ciburial sebagai destinasi wisata unggulan berbasis kolaborasi yang terintegrasi dan berkelanjutan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alamsyah, N., Lubis, A. L. and Hamdi, D. (2019) ‘Formulation of Marketing Strategies in Expedition Services Company with SWOT and QSPM Methods’, Proceedings of the International Manufacturing Engineering Conference & The Asia Pacific Conference on Manufacturing Systems, pp. 3–9. doi: https://doi.org/10.1007/978-981-15-0950-6_1.

Asikin, N., Pristiwasa, I. W. T. K. and Lubis, A. L. (2024) ‘Pengaruh Media Sosial Instagram Terhadap Penjualan Kamar di Beverly Hotel Batam’, Pariwisata Budaya: Jurnal Ilmiah Pariwisata Agama dan Budaya, 9(1), pp. 101–116.

Kemenpar (2021) Pedoman Desa Wisata. Edisi 2, J. Kementrian Koordinasi Bidang Kemaritiman dan Investasi.

Kristin, L. and Lubis, A. L. (2023) ‘Aplikasi Analisis SWOT Terhadap Pertumbuhan Tujuan Wisata Pantai Ciptaland di Kota Batam’, Jurnal Sabbhata Yatra: Jurnal Pariwisata dan Budaya, 4(2), pp. 138–150. Available at: https://jurnal.radenwijaya.ac.id/index.php/sabbhata_yatra/article/view/917.

Lubis, A. L. (2016) ‘Analisa SWOT Sebagai Acuan Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Penjualan (Studi Kasus : Khazanah Plaza Batam)’, Journal Industrial Service, 2(1). Available at: https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/jiss/issue/view/227.

Mabruroh, S. K., Supardi and Lubis, A. L. (2023) ‘Pengaruh Instagram Terhadap Keputusan Pengunjung Untuk Berwisata ke Mega Wisata Ocarina Kota Batam’, Jurnal Sistem Informasi & Manajemen, 11(3), pp. 388–398.

Maryani, E., Kemala, Z. and Firdaus, F. F. (2023) ‘PENGEMBANGAN CIMENTENG SEBAGAI EKOWISATA DI KOTA CIMAHI’, Manajemen dan Pariwisata, 2(2), pp. 222–240.

Maulana, M., Hanafi, S. M. and Azwar, B. (2022) ‘Model Pentahelix Dalam Pengembangan Desa Wisata Di Desa Perlang Kabupaten Bangka Tengah, Bangka Belitung’, Jurnal Magister Ekonomi Syariah, 1(2), pp. 97–107.

Rochaeni, A., Yamardi and Fujilestari, N. A. (2022) ‘Model Pentahelix dalam Pengembangan Pariwisata di Kecamatan Rongga Kabupaten Bandung Barat’, NeoRespublica : Jurnal Ilmu Pemerintahan, 4(1), pp. 124–134.

Simbolon, S. O., Lubis, A. L. and Wibowo, A. (2023) ‘Strategi SWOT Untuk Mengembangkan Potensi Destinasi Wisata Pantai Melayu di Kota Batam’, Jurnal Ilmiah Pariwisata Agama dan Budaya, 8(2), pp. 81–95. Available at: http://ojs.uhnsugriwa.ac.id/index.php/parbud/article/view/3067.

Ulandari, L. (2022) Analisis Pelaksanaan Konsep Pentahelix Di Aceh Barat. Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Teuku Umar Meulaboh-Aceh Barat.

Winny, Wibowo, A. E. and Lubis, A. L. (2024) ‘The Influence of Location on the Decision To Stay at Swiss-Belhotel Harbor Bay’, Jurnal Manajemen Pelayanan Hotel, 08(01), pp. 302–318. doi: http://dx.doi.org/10.37484/jmph.080118 The.

Wulandari, R. (2021) Bantuan Insentif Pemerintah Sebagai Jurus Andalan Dalam Memulihkan Sektor Pariwisata, kemenkeu.

Downloads

Published

2025-10-31

How to Cite

Shiddik, A. R. (2025). STRATEGI PENTA HELIX DALAM PENGEMBANGAN DESA WISATA CIBURIAL KABUPATEN BANDUNG. JURNAL MEKAR, 4(2), 32–44. https://doi.org/10.59193/jmr.v4i2.312

Similar Articles

1 2 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.