PENGARUH STORE AMBIENCE DAN BRAND EXPERIENCE TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN DI BOARD GAMES CAFÉ BATAM

Authors

  • Alma Shakira Manajemen Tata Hidangan, Politeknik Pariwisata Batam
  • Moh Thandzir Manajemen Tata Hidangan, Politeknik Pariwisata Batam

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa seberapa besar pengaruh Store Ambience dan Brand Experience terhadap Loyalitas Pelanggan di Board Games Café Batam. Store ambience mencakup aspek fisik dan non fisik café, sedangkan Brand experience mengacu pada keseluruhan pengalaman yang dirasakan pelanggan terkait merek café. Loyalitas pelanggan diukur melalui kesediaan pelanggan untuk kembali mengunjungi dan merekomendasikan kafe tersebut kepada orang lain. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 497 orang. Sampel dihitung menggunakan rumus Slovin sehingga berjumlah 221 orang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, kuesioner dan dokumentasi. Uji coba instrumen yang digunakan dalam penelitian ini ialah uji validitas, uji reabilitas, uji asumsi klasik, serta uji regresi linear sederhana. Hasil penelitian ini menunjukkan : (1) Pengaruh Store Ambience terhadap Loyalitas Pelanggan di Board Games Café Batam dikategorikan baik hal ini diperoleh hasil uji coba hipotesis secara parsial (uji-t) dengan nilai 2,747. (2) Pengaruh Brand Experience terhadap Loyalitas Pelanggan di Board Games Café Batam dikategorikan baik hal ini diperoleh dari hasil uji coba hipotesis secara parsial (uji-t) dengan nilai 6,970. (3) Pengaruh Store Ambience dan Brand Experience secara bersama-sama terhadap Loyalitas Pelanggan di Board Games Café Batam hal ini diperoleh dari hasil pengolahan data dan dibuktikan dengan pengujian hipotesis dimana Fhitung 46,229 > Ftabel 3,037 dengan taraf signifikan 0,00 > 0,05. Kontribusi pengaruh store ambience dan brand experience terhadap loyalitas pelanggan di Board Games Café Batam sebesar 29,8% dan selebihnya 70,2% merupakan faktor lain yang dapat dipengaruhi oleh variabel di luar pengaruhi store ambience dan brand experience.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Cici, & Mardikaningsih, R. (2022). Pengaruh Kepribadian Merek, Pengalaman Merek, dan Cinta Merek The Body Shop terhadap Loyalitas Merek. Journal of Trends Economics and Accounting Research, 2(4), 93–99. https://doi.org/10.47065/jtear.v2i4.267

Ditamei, S. (2022). Pengertian Kerangka Pemikiran: Cara Membuat Beserta Contohnya. Detik Jabar. https://www.detik.com/jabar/berita/d 6202272/pengertian-kerangka-pemikiran-cara-membuat-beserta contohnyahttps://www.detik.com/jabar/berita/d-6202272/pengertian kerangka-pemikiran-cara-membuat-beserta-contohnya

DQLab. (2022). Skill Statistika Populasi & Sampel Beserta Teknik Pengumpulannya. DQLab. https://dqlab.id/skill-statistika-populasi-and 73 sampel-beserta-teknik-pengumpulannya

Nurhayati, S. (2020). Pengaruh Brand Trust, Brand Experience Dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan. JBMA, VII(2), 36–46. http://jurnal.amaypk.ac.id/index.php/jbma/article/download/100/114 75

Panjaitan, A. O. Y., Rofiaty, & Sudjatno. (2019). Pengaruh Pengalaman Merk Terhadap Loyalitas Merk Melalui Mediasi Kepuasan Merek dan Kepercayaan Merk. Hilos Tensados, 1, 1–476.

Patricia, E. (2022). Brand Experience: 4 Indikator Menciptakan Brand dan 4 Strategi Memaksimalkan Pengalaman Pelanggan. https://mediaini.com/trik/2022/03/28/77424/brand-experience/ Mediani.Com.

Putra, R. (2021). Determinasi Kepuasan Pelanggan Dan Loyalitas Pelanggan Terhadap Kualitas Produk, Citra Merek Dan Persepsi Harga (Literature Review Manajemen Pemasaran). Jurnal Ekonomi Manajemen Sistem Informasi, 2(4), 516–524. https://doi.org/10.31933/jemsi.v2i4.461

Sari, P. N., Sutarjo, A., & Firdaus, T. R. (2021). PENGARUH STORE ATMOSPHERE (SUASANA TOKO) TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PADA TOKO BUKU GRAMEDIA PADANG The. Industry and Higher Education, 3(1), 1689–1699. http://journal.unilak.ac.id/index.php/JIEB/article/view/3845%0Ahttp://dspac e.uc.ac.id/handle/123456789/1288

Wiastuti, R. D., & Sigar, G. (2021). Pengaruh Brand Experience Terhadap Brand Loyalty Pada Restoran. Jurnal Destinasi Pariwisata, 9(2), 322. https://doi.org/10.24843/jdepar.2021.v09.i02.p10

Downloads

Published

26-11-2024

How to Cite

Shakira, A., & Thandzir, M. (2024). PENGARUH STORE AMBIENCE DAN BRAND EXPERIENCE TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN DI BOARD GAMES CAFÉ BATAM . JURNAL MENATA, 3(2), 17–25. Retrieved from https://jurnal.btp.ac.id/index.php/menata-btp/article/view/325

Issue

Section

VOL.3. NO.2. NOPEMBER 2024

Most read articles by the same author(s)