ANALISIS BIJI KOPI UNTUK SEORANG BARISTA DI CAFÉ EXCELSO VITKA POINT TIBAN KOTA BATAM

Authors

  • Axel Erlangga Afrizandra
  • Dailami Dailami
  • Moh Thandzir
  • Dewi Aurora Mikasari
  • Syailendra Reza Irwansyah Rezeki

Abstract

Masalah yang sering dihadapi adalah kualitas kopi yang tidak sesuai dengan ekspektasi seperti kadar air yang kurang panas dari mesin dan volume air yang keluar dari mesin tidak sesuai dengan standar sehingga kualitas kopi tidak maksimal, dan terdapat beberapa biji kopi yang mempunyai kualitas kurang maksimal, sehingga salah satu unsur penting yang menjadi penentu kualitas kopi sebelum sampai ke customer adalah kecakapan barista dalam proses pembuatan kopi tersebut. Berdasarkan latar belakang yang telah dijelaskan diatas, maka penulis tertarik untuk melakukan penelitian yang berjudul “Analisis Biji Kopi Untuk Seorang Barista Di Café Excelso Vitka Point Tiban Kota Batam” penelitian ini akan dilakukan dengan metode penelitian kualitatif dimana akan ada pengumpulan data melalui wawancara langsung dengan barista dan pelanggan excelso.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aditya, I. W., Nocianitri, K. A., & Yusasrini, N. L. A. (2016). Kajian Kandungan Kafein Kopi Bubuk, Nilai pH dan Karakteristik Aroma dan Rasa Seduhan Kopi Jantan (Pea berry coffee) dan Betina (Flat beans coffee) Jenis Arabika dan Robusta. Jurnal Ilmu Dan Teknologi Pangan (Itepa), 5(1), 1–12.

Bellia Annishia, F., & Soekarno Setiawan, M. (2018). Pengaruh Kualitas Produk Kopi Terhadap Kepuasan Konsumen Di Jade Lounge Swiss-Belresidences Kalibata Jakarta Effect of Quality of Coffee Products on Customer Satisfaction in Jade Lounge Swiss-Bel Residences Kalibata Jakarta. Jurnal Hospitality Dan Pariwisata, 4(1), 1–69.

Dewi. (2020). Peran Pemimpin Dalam Menibgkatkan Kinerja Pegawai Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Nusa Tenggara Barat. Molecules, 2(1), 1–12.

Elyan, M. (2022). Pembuatan Mesin Kopi Espresso Menggunakan Sistem Pneumatik. 5(1), 65–72.

Herawati, A. (2020). Komunikasi Interpersonal Barista dalam Menciptakan Kepuasan Pelanggan. In Komunikasi Interpersonal Barista dalam Menciptakan Kepuasan Pelanggan (Studi Deskriptif Kualitatif pada Barista Roketto Coffee Malang).

Herda Tri Arnawa, I. K., Oka Saputra, I. G., & Manggala RS, A. (2022). Kualitas Produk dan Pelayanan Barista bagi Kepuasan Konsumen kedai Hermess Kopi. Jurnal Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, 25–34. https://doi.org/10.52318/jisip.2022.v36.1.3

Pradipta, K. (2017). Jurnal Review Perbedaan Air Seduh terhadap Persepsi Multisensoris Kopi. Jurnal Pangan Dan Agroindustri, 5(1), 85–91.

Pramita, I. A. P. M., & Parma, I. P. G. (2020). Strategi Peningkatan Kualitas Barista dan Bartender di Hotel Four Points By Sheraton Bali Seminyak.

Jurnal Manajemen Perhotelan Dan Pariwisata, 3(2), 69–77.

R.A, P. A. D. (2020). Analisa Sistem Informasi Akademik (Sisfo) Dan Jaringan Di Universitas Bina Darma. Universitas Bina Darma, 13. http://repository.binadarma.ac.id/1458/

Rachmato, A. D., & Risanti, J. A. (2019). Sistem Pendukung Keputusan Kualitas Biji Kopi Dengan Metode Ahp (Analytical Hierarchy Process) Studi Kasus Cafe Kaki Bukit Lembang. Jurnal FIKI, IX(1), 2087–2372.

Rahardjo. (2012). Penentuan lama Sangrai Kopi Terhadap Variasi Derajat Sangrai Menggunakan Model Warna Rgb Pada Pengolahan Citra Digital (Digital Image Processing). Jurnal Agroteknologi, 09(02), 1–10.

Rahman, L., & Hari Putri, E. D. (2019). Upaya Meningkatkan Kinerja Barista Untuk Mengurangi Keluhan Tamu Di Rock Gilis Coffee Lombok. Khasanah Ilmu - Jurnal Pariwisata Dan Budaya, 10(1). https://doi.org/10.31294/khi.v10i1.5620

Ramadhan, F. (2017). ANALISIS KOMUNIKASI ANTAR PRIBADI BARISTA

DAN KONSUMEN DALAM MENCIPTAKAN KEPUASAN (STUDI PADA BARISTA COFFEE SHOP PIACEVOLE DI MEDAN). In Journal of Chemical Information and Modeling (Vol. 53, Issue 9).

Ranitaswari, P. A., Mulyani, S., & Bayu Sadyasmara, C. A. (2018). ANALISIS

KEPUASAN KONSUMEN TERHADAP KUALITAS PRODUK KOPI

DAN KUALITAS PELAYANAN MENGGUNAKAN METODE IMPORTANCE PERFOMANCE ANALYSIS (Studi Kasus Di Geo Coffee).

Jurnal Rekayasa Dan Manajemen Agroindustri, 6(2), 147. https://doi.org/10.24843/jrma.2018.v06.i02.p06

Ranti, K. S. (2020). Analisis komunikasi antar pribadi barista dan konsumen dalam menciptakan kepuasan (studi pada barista coffee shop piacevole di medan). Jimsipol, 1(2), 1–85.

Rijken Irahadi, D., Stevani Sianturi, M., & Suk Kim, S. (2022). Penggunaan

Indikator Analisa Teknikal Pada Pasar Saham Di Indonesia. Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis Dan Inovasi Universitas Sam Ratulangi, 9(2), 808–827.

Robby Julius Ginting. (2019). Analisis Kesulitan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Materi Pecahan Biasa Kelas Iv Sd Internasional Putri Deli T.a 2018/2019. Digital Repository Universal Quality, 5–13. http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/490

Samudera, R. N. (2018). Peran Profesi Barista Terhadap Bisnis Coffee Shop Tinjauan Etika Bisnis.

Semarang, P. (2019). pengertian analisis.

Setyowati, N., -, H. I., Aditya Pitara Sanjaya, & -, W. (2021). Sikap Petani terhadap Pengolahan Kopi Robusta Berbasis Indikasi Geografis di Kabupaten Temanggung. Jurnal Penyuluhan, 17(2), 218–227. https://doi.org/10.25015/17202133273

Studi, P., & Komunikasi, I. (2020). ANALISIS KOMUNIKASI ANTAR

PRIBADI BARISTA DAN KONSUMEN DALAM MENCIPTAKAN

KEPUASAN (STUDI PADA BARISTA COFFEE SHOP PIACEVOLE DI MEDAN) SKRIPSI Oleh: KHAIRINA SOPHIA RANTI NPM 1403110203.

In Jimsipol (Vol. 1, Issue 2).

Sugiyono. (2017). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. CV.

Alfabeta.

Wachdijono, W., & Yahya, A. C. (2021). Persepsi Konsumen Terhadap

Keberadaan Coffee Shop Dan Barista Pada Era Pemasaran Kopi Ke Tiga. Paradigma Agribisnis, 4(1), 11. https://doi.org/10.33603/jpa.v4i2.5886

Wardani, L., & Buana, U. M. (2019). Pelatihan dalam Dunia Barista. Konsorsium Psikologi Ilmiah Nusantara (KPIN), 5(September 2019).

Yurindera, N. (2021). Novan Yurindera : “ Pengaruh Kualitas Produk ,

Pelayanan Barista dan Promosi di Media Sosial ... ” 45. 24(1), 44–55.

Downloads

Published

26-11-2024

How to Cite

Afrizandra, A. E., Dailami, D., Thandzir, M., Mikasari, D. A., & Irwansyah Rezeki, S. R. (2024). ANALISIS BIJI KOPI UNTUK SEORANG BARISTA DI CAFÉ EXCELSO VITKA POINT TIBAN KOTA BATAM. JURNAL MENATA, 3(2), 1–8. Retrieved from https://jurnal.btp.ac.id/index.php/menata-btp/article/view/295

Issue

Section

VOL.3. NO.2. NOPEMBER 2024