ANALISIS PENERAPAN POTONGAN HARGA (DISKON) TERHADAP VOLUME PENJUALAN DI MR.B COFFEE BATAM
DOI:
https://doi.org/10.59193/jmt.v4i1.361Keywords:
Analisis, Potonga Harga, Volumen Penjualan, SWOTAbstract
Volume penjualan ialah jumlah hasil produk yang dihasilkan atau kegiatan penjualan yang didapatkan dari transaksi dengan ukuran tertentu. Salah satu strategi promosi yang sudah teruji dan banyak dilakukan adalah melakukan pada coffeeshop potongan harga (diskon) untuk menarik perhatian konsumen. Setiap konsumen menyukai potongan harga. Karena potongan harga tidak hanya menguntungkan konsumen namun juga menguntungkan bisnis itu sendiri. Rumusan masalah pada penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana Analisis penerapan potongan harga (diskon) terhadap volume penjualan di Mr.B Coffee Batam. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan analisis SWOT. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dengan owner, waiters dan pengunjung.Teknik analisis data yang digunakan adalah pengumpulan data, reduksi data, triangulasi data, analisis strategi SWOT. Dari hasil wawancara yang dilakukan, observasi, dokumentasi terdapat 8 kekuatan yang pertama pelayanan yang ramah, kualitas produk tetap terjaga, varian menu waffle menjadi unggulan, lokasi strategis, rasa minuman yang enak, mendapatkan rating tinggi di aplikasi ojek online, selanjutnya ditemukan 5 kelemahan yaitu ruangan tidak terlalu besar, menu tidak bervariasi, produk yang sering dilakukan potongan harga hanya 2 jenis minuman dan potongan harga yang terlalu sering bisa menurunkan persepsi eksklusivitas dan kualitas. Hasil selanjutnya peluang ditemukan 4 yaitu promosi produk baru, kerjasama dengan mitra bisnis local dan terdapat 3 ancaman yaitu penurunan margin keuntungan, ketergantungan konsumen pada potongan harga dan persaingan dengan coffeeshop lain. Berdasarkan gambar 4.4 titik koordinat berada di area kuadran II yaitu Strategi ST (Strenght-Threat) mengandalkan kekuatan internal yang dimiliki oleh organisasi agar dapat mengatasi atau mengurangi dampak dari ancaman yang ada di lingkungan eksternal.
Downloads
References
Amalia, D. N. (2021). Strategi Pengembangan Marketing Mix dengan Analisis SWOT Pada Gerai Kopi Liberika di Kabupaten Tanjung Jabung Barat. AGRISEP, 20(2), 421–441. https://doi.org/10.31186/jagrisep.20.2.421
Arista, E. Y. (2022). Analisis Manajemen Strategi Di Goresan Coffee. Jurnal Ekonomi Trisakti, 2(2), 2011–2018. Retrieved from http://dx.
Ayuba, S. M. (2024). Analisis SWOT Daya Saing Kopi Kenangan di Kabupaten Jember. Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
BPS. (2024). Badan Pusat Statistik Indonesia. Retrieved from https://www.bps.go.id/subject/16/pariwisata.html#subjekViewTab3
Fadhil, M. (2023). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Wisatawan Terhadap Keputusan Pembelian Pada Coffee Shop Di Kawasan Denpasar. Journal of
Applied Management Studies, 5(1), 75–87.
https://doi.org/10.51713/jamms.v5i1.107
Fadilah, N. Z., & Supendi, M. (2024). Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Volume Penjualan Usaha Toko Kopi Seduh. JPEKA: Jurnal Pendidikan
Ekonomi, Manajemen Dan Keuangan, 8(1), 37–50.
https://doi.org/10.26740/jpeka.v8n1.p37-50
Gerry C. Thomas, M. Y. B. K. (2022). Analisis Harga Pokok Penjualan Dalam Menetapkan Harga Jual Pada Stela Cake and Bakery Airmadidi Analysis of The Cost of Goods Sold in Setting The Selling Price on Stela Cake and Bakery Airmadidi. Jurnal LPPM Bidang EkoSosBudKum (Ekonomi, Sosial, Budaya, Dan Hukum), 6(1), 749–760.
Haidar, F. J., & Wiyono, S. N. (2023). Strategi Pemasaran Kedai Kopi untuk Meningkatkan Volume Penjualan (Studi Kasus Pada Serumah Kopi, Cikutra Barat, Kota Bandung). Mimbar Agribisnis : Jurnal Pemikiran Masyarakat
Ilmiah Berwawasan Agribisnis, 9(2), 1491.
https://doi.org/10.25157/ma.v9i2.9759
Handayani. (2024). Anteseden Purchase Intention pada Coffe Shop Lokal di Jakarta. Jurnal Ekonomi Trisakti, 4(1), 837–846.
Hikam, H. M., & Pradana, B. I. (2019). Implementasi Strategi Inovasi Amstirdam Coffee Shop Untuk Menghadapi Persaingan. 1–14.
Jovian, W. (2024). Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Omzet Penjualan Pada Warung Kopi Alang Surabaya Dengan Metode Analisis SWOT. Management Studies and Entrepreneurship Journal, 5(2), 4694–4702.
Juliono, Pasya, D. J., Purwanto, & Kohar. (2023). Analisis Biaya Promosi Terhadap Volume Penjualan. Jurnal Bisnis Dan Jasa (BISA), 1(1), 1–18.
Kurniawati, D. (2022). Analisis Total Biaya Produksi Sebagai Dasar Penetapan Harga Jual Produk dalam Meningkatkan Laba Pada UD. Tahu Assit. Journal of Economics and Social Sciences (JESS), 1(1), 1–10. https://doi.org/10.59525/jess.v1i1.97
Maisa, D. (2024). Analisis Penentuan Harga Jual Dalam Meningkatkan Laba Pada Usaha Ayam Geprek Di Batanghari Kabupaten Lampung Timur. Jurnal Maisyatuna, 5(1), 1–12.
Massie, F. J., Soepeno, D., & Kawet, R. C. (2024). Pengaruh Potongan Harga, Display Produk, Dan Kualitas Produk Terhadap Perilaku Pembelian Impulsif Di Starbucks Coffee Cabang Transmart Kawanua Manado. Indonesian Journal of Economics, 1(3), 199–209.
Maulidina. (2020). Penerapan Strategi Marketing yang Tepat Bagi Kedai Kopi di Sruput dalam Meningkatkan Volume Penjualan di Kota Banjarbaru. (1), 1–4.
Meita Sekar Sari, & Muhammad Zefri. (2019). Pengaruh Akuntabilitas, Pengetahuan, dan Pengalaman Pegawai Negeri Sipil Beserta Kelompok Masyarakat (Pokmas) Terhadap Kualitas Pengelola Dana Kelurahan Di Lingkungan Kecamatan Langkapura. Jurnal Ekonomi, 21, 3.
Mubayyanah. (2019). Ragam Menu, Harga, Dan Lokasi: Pengaruhnya Terhadap Pelanggan Restoran. Masyrif : Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan Manajemen, 1(1),
–80. Retrieved from
https://ejournal.idia.ac.id/index.php/masyrif/article/view/220
Muhafi, N. N., & Alamsyah, N. (2023). Analisis Strategi Bisnis Coffee Shop Menggunakan Metode Business Model Canvas Dan Quantitative Strategic Planning Matrix ( Studi Kasus : Coffee Shop ‘ Kopi Dul ’). Journal of Optimization System and Ergonomy Implementation (JOSEON), 01(2), 1–10.
Muhammad, A. (2022). Strategi Komunikasi Pemasaran Coffeshop dalam Mempertahankan Penjualan di Era New Normal Covid.-19. Comurcium, 06(01), 116–124.
Nasihin, A. (2020). Strategi Bisnis Era New Normal Pada Kedai Kopi DI Surabaya (Studi Kasus Pada Beby’s Coffee di Jalan Srikana Timur No. 44 Surabaya). E-Bisnis : Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis, 13(2), 76–88.
https://doi.org/10.51903/e-bisnis.v13i2.248
Nicolas. (2024). Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk dan Potongan Harga terhadap Keputusan Pembelian Kopi di Front Coffe Kota Malang (Vol. 19). Universitas Brawijaya Malang.
Onsu, I. F., Mantiri, M. S., & Singkoh, F. (2019). Analisis Pelaksanaan Tugas Pokok Dan Fungsi Camat Dalam Meningkatkan Pelayanan Publik Di Kecamatan Kawangkoan Barat Kabupaten Minahasa. Jurnal Eksekutif : Jurnal Jurusan Ilmu Pemerintahan, 3(3), 1–8.
Parengkuan, A. A., Kadang, J., & Sastrawan, E. (2023). Memperluas Jangkauan Pasar Dalam Meningkatkan Volume Penjualan Pada Casa Coffee & Space.
Indonesian Journal of Multidisciplinary on Social and Technology, 1(1), 42–
https://doi.org/10.31004/ijmst.v1i1.112
Pratiwi Sitorus, A. (2022). Mekanisme Penetapan Harga (Price) Dan Kebijakan Penentuan Keuntungan (Profit) Ditinjau Dari Perspektif Ekonomi Islam. Attanmiyah : Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam , 1(1), 44–59. Retrieved from https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/
Rangkuti, F. (2019). Analisis SWOT. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama. Retrieved from https://books.google.co.id/books?id=TRhIDwAAQBAJ&printsec=copyright
&redir_esc=y#v=onepage&q&f=false
Sari, R., & Halim, C. (2022). Analisis Strategi Bisnis Guna Meningkatkan Daya Saing pada Coffee Shop di Bandar Lampung (Studi Kasus Dr. Coffee). Jurnal
Ekonomi Dan Bisnis Digital, 1(3), 231–248.
https://doi.org/10.55927/ministal.v1i3.1139
Sofia, S., & Pala’biran, J. (2024). Pengaruh Keunikan Produk dan Potongan Harga terhadap Keputusan Pembelian Coffee. Lensa Ilmiah: Jurnal Manajemen Dan Sumberdaya, 3(1), 1–8. https://doi.org/10.54371/jms.v3i1.300
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif (Kualitatif). Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2017). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta.
Tombeng, B. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Rumah Makan Raja Oci Manado. Jurnal
EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 7(1), 891– 900.
Usman, Y., Sondakh, J. J., & Kalalo, M. Y. B. (2019). Analisis Penerapan Potongan Harga Terhadap Tingkat Penjualan Pada Pt. Pln (Persero) Unit Layanan Pelanggan (Ulp) Manado Selatan. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 7(3), 4465–4474.
Velingka, F. A. (2021). COFFEE SHOP LOTUS (Perencanaan Pengembangan Usaha Coffe Shop Dengan Konsep Truck Container Cafe). Retrieved from http://repository.untag-sby.ac.id/13298/1/1211900231_Fderica Anggi Velingka_E-Bisnis EAS %28R%29.pdf
Waty, D. (2020). Pengaruh Price Discount dan E-Money Terhadap Impulse Buying Coffee Shop Di Grand Batam Mall. Manajemen.
Wilfrid. (2019). Analisis Strategi Pemasaran Dalam Upaya Peningkatan Pangsa Pasar Perusahaan Studi Kasus : Grand Swiss-Belhotel Medan. Jurnal Ilmiah Simantek, 3(3), 122–130.
Yelvita, F. S. (2022). Dampak Pandemi Covid-19 pada kegiatan ekspor impor (studi pada PT. Pelabuhan indonesia ). Saintek Maritim, 22(8.5.2017), 2003– 2005.
Zuchri. (2020). Metode Penelitian Kualitatif. In Syakir Media Press (Syakir Med, Vol. 13). Makasar.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Jeslin Jeslin, Dailami Dailami, Moh. Thandzir, Dewi Aurora Mikasari, Syailendra Reza Irwansyah Rezeki, Haufi Sukmamedian

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.