PENGARUH FASILITAS DAN CITRA MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI KAFE KEBOON KOPI BATAM

Authors

  • Muhammad Roberto Anggoro Manajemen Tata Hidangan, Politeknik Pariwisata Batam
  • Dailami Dailami Manajemen Tata Hidangan, Politeknik Pariwisata Batam
  • Moh. Thandzir Manajemen Tata Hidangan, Politeknik Pariwisata Batam
  • Rezki Alhamdi Manajemen Kuliner, Politeknik Pariwisata Batam
  • Syailendra Reza Irwansyah Rezeki Manajemen Tata Hidangan, Politeknik Pariwisata Batam
  • Haufi Sukmamedian Manajemen Divisi Kamar, Politeknik Pariwisata Batam

DOI:

https://doi.org/10.59193/jmt.v4i2.418

Keywords:

Fasilitas, Citra Merek, Keputusan Pembelian

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh fasilitas dan citra merek terhadap keputusan pembelian di kafe keboon kopi Batam. Jenis peelitian ini merupakan penelittian metode kuantitatif dengan SPSS versi 22 sebagai alat analisisnya. Populasi dalam pennelitian ini adalah seluruh konsumen kafe keboon kopi Batam. Sampel yang digunakan sebanyak 100 sampel dengan rumus slovin. Teknik pengumpulan data dengan menyebar kuesioner kepada responden. Metode analisis data yang digunakan adalah dengan menganalisis regresi linear berganda kemudian dengan uji asumsi klasik yaitu dengan uji normalitas dan heteroskedastisitas, selanjutnya uji hipotesis dan uji koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa fasilitas dan citra merek berpengaruh dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Dapat dilihat dari uji hipotesis yaitu uji t dan uji f dimana pada nilai t hitung variabel fasilitas sebesar 2,888 lebih besar dari t tabel 1,66023 dan variabel citra merek sebesar 5,474 lebih besar dari t tabel 1,66023. Kemudian nilai f hitung sebesar 93,190 sedang f tabelnya 3,09. Jika F hitung melebihi F tabel, hipotesis nol (H0) diterima dan hipotesis alternatif (Ha) ditolak. Sebaliknya, bila F hitung kurang dari F tabel, (H0) ditolak dan (Ha) diterima. Selanjutnya untuk membuktikan bahwa variabel berpengaruh dapat dilihat dari hasil uji koefisien determinasi dimana nilai korelasi (R) untuk variabel fasilitas dan citra merek sebesar 0,810 dan nilai koefisien determinasi (R-Square) sebesar 0,655. Ini menunjukkan bahwa variabel fasilitas  (X1) dan citra merek (X2) berpengaruh terhadap keputusan pembelian (Y).

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agri, T. (2021). Smart : Strategy Of Management And Accounting Through Research And Technology. Jurnal Management And Business Review, 1(1)(1), 12–21.

Amin, J. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Indomie Di Kecamatan Tarumajaya. Stie, 1(3), 41–52. Https://Www.Ejournal.Stitpn.Ac.Id/Index.Php/Bintang/Article/View/716/476

Ananda Muhamad Tri Utama. (2022). Penyusunan Kuesioner Dalam Penelitian. 9, 356–363.

Andriani, S. (2022). Pengaruh Electronic Word Of Mouth (E-Wom) Terhadap Keputusan Pembelian. Journal Ekonomi Dan Manajemen, 1–23.

Asep Saefuddin, L. H. (2023). Empat Jenis Skala Pengukuran Dalam Statistika Dan Contoh Penerapannya. Https://Uici.Ac.Id/Empat-Jenis-Skala-Pengukuran-Dalam-Statistika-Dan-Contoh-Penerapannya/

Aziza, N. (2023). Metodologi Penelitian 1 : Deskriptif Kuantitatif. Researchgate, July, 166–178.

Azizah. (2021). Model Terbaik Uji Multikolinearitas Untuk Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Produksi Padi Di Kabupaten Blora Tahun 2020. Prosiding Seminar Nasional Unimus, 4, 61–69.

Https://Scholar.Google.Com/Scholar?As_Ylo=2021&Q=Uji+Autokorelasi+Adalah&Hl=Id&As_Sdt=0,5

Bhandari, P. (2022). Perbedaan Variabel Independen Dan Variabel Dependen | Definisi & Contoh. Https://Www.Scribbr.Com/Methodology/Independent-And-Dependent-Variables/

Cote, C. (2021). Apa Itu Analisis Deskriptif?

Https://Online.Hbs.Edu/Blog/Post/Descriptive-Analytics

Dairina, L. (2022). Pengaruh Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Produk ( Studi Pada Produk Sepatu Merek Converse). Vii(I), 118–134.

Disastra, D., & Novita, D. (2022). Pengaruh Citra Merek Dan Kepercayaan Merek Terhadap Loyalitas Merek (Studi Pada Pengguna Sepeda Motor Di Bandar Lampung). Smart: Strategy Of Management And Accounting Through Research And Technology, 2(1), 55–66.

Http://Jim.Teknokrat.Ac.Id/Index.Php/Smart/Issue/Archive

Fauzi, S. N. M. (2021). Penerapan Metode Mengubah Teks Wawancara Menjadi Karangan Narasi Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Inggris Siswa Kelas Viii A Mts Negeri 2 Purbalingga Semester Gasal Tahun Pelajaran 2019/2020. Language : Jurnal Inovasi Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 1(1), 1–13. Https://Doi.Org/10.51878/Language.V1i1.354

Hasan, H. (2022). Pengembangan Sistem Informasi Dokumentasi Terpusat Pada Stmik Tidore Mandiri. Jurasik (Jurnal Sistem Informasi Dan Komputer), 2(1), 23–29. Http://Ejournal.Stmik-Tm.Ac.Id/Index.Php/Jurasik/Article/View/32

Hasibuan, P., Azmi, R., Arjuna, D. B., & Rahayu, S. U. (2023). Analisis Pengukuran Temperatur Udara Dengan Metode Observasi Analysis Of Air Temperature Measurements Using The Observational Method.

Abdimas:Jurnal Garuda Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 8–15. Http://Creativecommons.Org/Licenses/By-Sa/4.0/

Hernikasari, I., Ali, H., & Hadita, H. (2022). Model Citra Merek Melalui Kepuasan Pelanggan Bear Brand: Harga Dan Kualitas Produk. Jurnal Ilmu Manajemen Terapan, 3(3), 329–346. Https://Doi.Org/10.31933/Jimt.V3i3.837

Janna, N. M., & Herianto. (2021). Konsep Uji Validitas Dan Reliabilitas Dengan Menggunakan Spss. Jurnal Darul Dakwah Wal-Irsyad (Ddi), 18210047, 1–12.

Jayusman, H. (2022). Pengaruh Fasilitas Terhadap Kepuasan Pelanggan Oikos Cafe Pangkalan Bun. Prodi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Antakusuma, 10(2), 93–100.

Machali, I. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif. In Laboratorium Penelitian Dan Pengembangan Farmaka Tropis Fakultas Farmasi Universitas Mualawarman, Samarinda, Kalimantan Timur.

Mamonto, F. W. (2021). F . W . Mamonto ., W . J . F . A . Tumbuan ., M . H . Rogi Pembelian Pada Rumah Makan Podomoro Poigar Di Era Normal Baru Analysis Of Marketing Mixed Factors ( 4p ) On Purchase Decisions At Podomoro Poigar Eating House In New Normal Era Jurnal Emba Vol . 9(2), 110–121.

Miftah Rezkia, S. (2021). Kenali 4 Perbedaan Data Sekunder Dan Data Primer Saat Melakukan Penelitian.

Https://Dqlab.Id/Kenali-4-Perbedaan-Data-Sekunder-Dan-Data-Primer-Saat-Melakukan-Penelitian

Millah, A. S., Apriyani, Arobiah, D., Febriani, E. S., & Ramdhani, E. (2023). Analisis Data Dalam Penelitian Tindakan Kelas. Jurnal Kreativitas Mahasiswa, 1(2), 140–153.

Presilawati, F., Amin, A., & Fahmi, A. (2022). Pengaruh Kepemimpinan, Lingkungan Kerja Non Fisik Dan Kompensasi Terhadap Kinerja Pegawai Puskesmas Beutong Kabupaten Nagan Raya Aceh. Ekombis Review: Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis, 10(S1), 439–454.

Https://Doi.Org/10.37676/Ekombis.V10is1.2046

Rahmadhani, D. S. (2022). Empiris Sendiri Berasal Dari Kata Empirisme, Yaitu Sebuah Istilah Dalam Ilmu Filsafat Yang Merujuk Pengalaman Sebagai Sumber Pengetahuan. Empiris Sendiri Berasal Dari Kata Empirisme, Yaitu Sebuah Istilah Dalam Ilmu Filsafat Yang Merujuk Pengalaman Sebagai Sumber Pengetahuan.

Rozjiqin, M. F., & Ridlwan, A. A. (2023). Journal Of Economics And Business Aseanomics. Universitas Yarsi, 5(1), 69–85.

Sari, I., & Hidayat, R. (2020). Pengaruh Lokasi Dan Fasilitas Terhadap Keputusan Pembelian Pada Cafe Bang Faizs. Journal Of Trends Economics And Accounting Research, 1(2), 74–81.

Sohilait, E. (2021). Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa. Riemann: Research Of Mathematics And Mathematics Education, 3(1), 35–41. Https://Doi.Org/10.38114/Riemann.V3i1.108

Sudariana, & Yoedani. (2022). Analisis Statistik Regresi Linier Berganda. Seniman Transaction, 2(2), 1–11.

Sulistiyowati, W. (2023). Buku Ajar Statistika Dasar. Buku Ajar Statistika Dasar, 14(1), 15–31. Https://Doi.Org/10.21070/2017/978-979-3401-73-7

Syahputra, M. E., Bahri, S., & Rambe, M. F. (2020). Pengaruh Kepemimpinan, Disiplin Dan Motivasi Terhadap Kinerja Pegawai Dinas Tarukim Labura. Pamator Journal, 13(1), 110–117.

Https://Doi.Org/10.21107/Pamator.V13i1.7017

Syahputri, A. Z., Fallenia, F. Della, & Syafitri, R. (2023). Kerangka Berfikir Penelitian Kuantitatif. Tarbiyah: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Pengajaran, 2(1), 160–166.

Syahroni, M. I. (2022). Prosedur Penelitian. 2(3), 211–213.

Usmadi, U. (2020). Pengujian Persyaratan Analisis (Uji Homogenitas Dan Uji Normalitas). Inovasi Pendidikan, 7(1), 50–62.

Https://Doi.Org/10.31869/Ip.V7i1.2281

Wardani. (2020). Pengaruh Harga, Free Wifi, Dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Kedai Coffee Jmp Pahlawan Lamongan. Jurnal Melati, 35(2), 1–12. Https://Ejournal.Uin-Suska.Ac.Id/Index.Php/Jti/Article/View/20433

Warongan, B. U. ., Dotulong, L. O. ., & Lumintang, G. G. (2022). Pengaruh Lingkungan Kerja Dan Stres Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada Pt Jordan Bakery Tomohon. Jurnal Emba, 10(1), 963–972. Https://Ejournal.Unsrat.Ac.Id/V3/Index.Php/Emba/Article/View/38527

Waruwu, Marinu. (2022). Pendekatan Penelitian Pendidikan: Metode Penelitian Kualitatif, Metode Penelitian Kuantitatif Dan Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Method). Bhineka Tunggal Ika: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan Pkn, 9(2), 99–113. Https://Doi.Org/10.36706/Jbti.V9i2.18333

Yam, J. H., & Taufik, R. (2021). Hipotesis Penelitian Kuantitatif. Perspektif : Jurnal Ilmu Administrasi, 3(2), 96–102. Https://Doi.Org/10.33592/Perspektif.V3i2.1540

Zaufariyanto, A. M. (2023). Pengaruh Fasilitas Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Di Toko Sembako Barokah Mlandingan Dengan Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Intervening. 2(11), 2517–2534.

Downloads

Published

19-11-2025

How to Cite

Anggoro, M. R., Dailami, D., Thandzir, M., Alhamdi, R., Irwansyah Rezeki, S. R., & Sukmamedian, H. (2025). PENGARUH FASILITAS DAN CITRA MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI KAFE KEBOON KOPI BATAM. JURNAL MENATA, 4(2), 21–36. https://doi.org/10.59193/jmt.v4i2.418

Issue

Section

VOL.4. NO.2. NOVEMBER 2025

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>