STRATEGI PENGEMBANGAN KAWASAN WISATA KULINER DI BENGKONG KOTA BATAM

Authors

  • Rezki Alhamdi Manajemen Kuliner, Politeknik Pariwisata Batam

Keywords:

tourism, culinary tourism, batam

Abstract

Wisata kuliner saat ini menjadi hal yang cukup menjadi serius oleh pemerintah deraah. Kota batam merupakan kota yang mempunyai berbagai jenis objek wisata, salah satunya adalah wisata kuliner. Wisata kuliner yang cukup berkembang saat ini adalah wisata kuliner bengkong. Wisata kuliner bengkong menyajikan beragam jenis makanan baik makanan dan jajanan nusantara maupun jajanan dan makanan yang berasal dari luar negeri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui potensi wisata kuliner bengkong batam serta melakukan analsisi untuk mendapatkan startegi pengembangan kedepannya. Penelitian ini menggunakan metode kuntitatif metode adalisi yang di gunakan adalah metode analisi SWOT (Strengths, Weaknesses, Opportunities, Threats). Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa pengelolaan wisata kuliner bengkong, batam mempunyai pepebera potensi yang dapat di kembangkan serta beberapa kekeurangan yang bisa di perbaiki untuk mendaptkan hasil yang terbaik untuk pengembangannnya kedepan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alana, P. R. and Putro, T. A. (2020) ‘Pengaruh Fasilitas Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Wisatawan Pada Goa Lowo Kecamatan Watulimo Kabupaten Trenggalek’, Jurnal Penelitian Manajemen Terapan …, pp. 180–194. Available at: http://journal.stieken.ac.id/index.php/penataran/article/view/481.

Azliansyah, T., Margaretha, R. and Sinaga, D. (2020) ‘Pengaruh Promosi Wisata Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Wisatawan Pada Objek Wisata Istana Maimun Medan’, Jurnal Prointegrita, 4(1), pp. 185–200. Available at: https://ekbis.sindonews.com.

Kristiana, Y., Suryadi, M. T. and Sunarya, S. R. (2018) ‘Eksplorasi Potensi Wisata Kuliner Untuk Pengembangan Pariwisata Di Kota Tangerang’, Khasanah Ilmu - Jurnal Pariwisata Dan Budaya, 9(1). doi: 10.31294/khi.v9i1.3604.

Lebu, C. F. K., Wenas, R. S. and Mandey, S. L. (2019) ‘Pengaruh Lokasi, Persepsi Harga Dan Daya Tarik Wisata Terhadap Keputusan Berkunjung Wisatawan Di Objek Wisata Danau Linow’, Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 7(4), pp. 5505–5513.

Massie, S. P., Kindangan, P. and D.Palandeng, I. (2016) ‘Quality Of Service To Customer Satisfactionofsumaru Endo Tourism Object Remboken’, Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi, 16(01), pp. 86–97.

Putri, L. T. and Irfandi, N. (2019) ‘Analisis Daya Tarik Wisata Kuliner Malam (WKM) terhadap Kunjungan Wisatawan di Kota Pekanbaru’, Ikraith Ekonomika, 2(2).

Downloads

Published

25-12-2022

How to Cite

Alhamdi, R. (2022). STRATEGI PENGEMBANGAN KAWASAN WISATA KULINER DI BENGKONG KOTA BATAM . JURNAL MENATA, 1(2), 80–84. Retrieved from https://jurnal.btp.ac.id/index.php/menata-btp/article/view/73

Issue

Section

VOL.1. NO.2.NOPEMBER 2022