ELECTRONIC WORD OF MOUTH (EWOM) DAN MOTIVASI WISATAWAN TERHADAP KEPUTUSAN BERKUNJUNG DI JAM GADANG BUKTTINGGI SUMATERA BARAT
Keywords:
Electronic Word of Mouth, Motivasi Wisatawan, Keputusan Berkunjung, jam gadang, bukittinggiAbstract
Buktinggi merupakan kota wisata yang banyak di kunjungi oleh wisatawan lokal maupun mancanegara. Pada penelitian ini akan meneliti bagaimana pengaruh electronic word of mouth (ewom) dan motivasi wisatawan terhadap keputusan berkunjung di Jam Gadang Bukttinggi Sumatera Barat. Pada penelitian ini menggunakan 100 sampel. Penelitilan ini melakukna uji validitas, uji reabilitas, uji normalitas serta uji T dan uji R. hasil dari penelitian ini menujukan bahwa ada pengaruh electronic word of mouth (ewom) dan motivasi wisatawan terhadap keputusan berkunjung di Jam Gadang Bukttinggi Sumatera Barat
Downloads
References
Anggela, M. M., Oka Karini, N. M., & Sofia Wijaya, N. M. (2018). Persepsi Dan Motivasi Wisatawan Yang Berkunjung Ke Daya Tarik Wisata Jembong Di Kabupaten Buleleng. Jurnal IPTA, 5(2), 76. https://doi.org/10.24843/ipta.2017.v05.i02.p01
Bahrul Setiadi. (n.d.). Pengaruh Harga, Lokasi Dan Fasilitas Wisata Terhadap Keputusan Berkunjung Wisatawan (Studi Pada Objek Wisata Pantai Tiga Warna Di Kabupaten Malang).
Firdaus, P. K. (2020). Electronic word of mouth industri pariwisata Surabaya (Analisis isi ulasan Google Review berdasarkan dimensi E-wom Jeong & jang). Commercium, 3(2), 01–11.
Kristiutami, Y. P. (2017). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Berkunjung Wisatawan Di Museum Geologi Bandung. Jurnal Pariwisata, 4(2), 53–62. http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/jp
Kurniawan, M. A. (2019). Analisis Pengaruh Electronic Word of Mouth Dan Citra Destinasi Terhadap Kepuasan Melalui Keputusan Berkunjung Pada Pengunjung Desa Wisata Banjarejo Kabupaten Grobogan. Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang, 2(2), 69.
Kuswardani, D. (2020). Model Keputusan Berkunjung Pada Obyek Wisata Di Kota Semarang. Jurnal Industri Pariwisata, 2(2), 130–143. https://doi.org/10.36441/pariwisata.v2i2.39
Lebu, C. F. K., Wenas, R. S., & Mandey, S. L. (2019). Pengaruh Lokasi, Persepsi Harga Dan Daya Tarik Wisata Terhadap Keputusan Berkunjung Wisatawan Di Objek Wisata Danau Linow. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 7(4), 5505–5513.
Listianingrum, A. (2019). Pengaruh Daya Tarik, Aksesibilitas dan Fasilitas Terhadap Keputusan Berkunjung di Objek Wisata Pantai Muarareja Indah Kota Tegal. Skripsi. http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/1025
Maftukhah, G. (2009). Peran Electronic Word Of Mouth Dalam Membangun Citra Destinasi Guna Mempengaruhi Keputusan Berkunjung Wisatawan Ke Suatu Destinasi Pariwisata. 2(1), 1–118.
Mahgpiroh, A. (2017). Analisis Pengaruh Electronic Word Of Mouth Dan Citra Destinasi Terhadap Minat Berkunjung Serta Dampaknya Terhadap Keputusan Berkunjung Ke Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (Studi Kasus Pada Pengunjung Taman Nasional Gunung Gede Pangrango). Skripsi, 6–18.
Marlene, G. I. (2018). Motivasi Wisatawan Asal Surabaya Terhadap Thailand. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya, 6(1), 1–12.
Muflikhah, V., Pasfatima, Y. M., & Made, I. adhi. (2018). Pengaruh Electronic Word Of Mouth Di Media Sosial Instagram Dan Atribut Produk Wisata Terhadap Keputusan Berkunjung Di Floating Market Lembang. 6(2), 16–29.
Mulyantari, E. (2021). Pengaruh Lokasi dan Fasilitas terhadap Keputusan Berkunjung di Objek Wisata Goa Maria Tritis. Media Wisata, 18(1), 81–89. https://doi.org/10.36276/mws.v18i1.79
Nanang, R. H. (2013). Motivasi Wisatawan Mengunjungi Objek Wisata Di Desa Pawan Kabupaten Rokan Hulu. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.
Nurhaipah, T. (2019). Komunikasi Electronic Word Of Mouth (E-Wom) Pariwisata Kabupaten Majalengka Di Media Sosial Instagram Melalui #Majalengkahits. Jurnal Ilmu Politik Dan Komunikasi, IX(2).
Suwarduki, P. R., Edy, Y., & M. Kholid, M. (2016). Pengaruh Electronic Word Of Mouth Terhadap Citra Destinasi Serta Dampaknya Pada Minat Dan Keputusan Berkunjung (Survei Pada Followers Aktif Akun Instagram Indtravel Yang Telah Mengunjungi Destinasi Wisata Di Indonesia). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB)|Vol, 37(2), 1–10.
Yulivia. (2019). Pengaruh Electronic Word Of Mouth Dan Daya Tarik Wisata Terhadap Keputusan Berkunjung Wisatawan Di Candi Ratu Boko, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, Diy. Skripsi, 45(45), 95–98.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 I Nyoman Budhiartha, rezki alhamdi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.