ELECTRONIC WORD OF MOUTH (EWOM) DAN MOTIVASI WISATAWAN TERHADAP KEPUTUSAN BERKUNJUNG DI JAM GADANG BUKTTINGGI SUMATERA BARAT

Authors

  • I Nyoman Budhiartha Magister Terapan Perencanaan Dan Pengembangan Pariwisata, Politeknik Pariwisata Batam
  • Rezki Alhamdi Manajemen kuliner, politeknik pariwisata batam

Keywords:

Electronic Word of Mouth, Motivasi Wisatawan, Keputusan Berkunjung, jam gadang, bukittinggi

Abstract

Buktinggi merupakan kota wisata yang banyak di kunjungi oleh wisatawan lokal maupun mancanegara. Pada penelitian ini akan meneliti bagaimana pengaruh electronic word of mouth (ewom) dan  motivasi wisatawan  terhadap keputusan berkunjung di Jam Gadang Bukttinggi Sumatera Barat. Pada penelitian ini menggunakan 100 sampel. Penelitilan ini melakukna uji validitas, uji reabilitas, uji normalitas serta uji T dan uji R. hasil dari penelitian ini menujukan bahwa ada pengaruh electronic word of mouth (ewom) dan  motivasi wisatawan  terhadap keputusan berkunjung di Jam Gadang Bukttinggi Sumatera Barat

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anggela, M. M., Oka Karini, N. M., & Sofia Wijaya, N. M. (2018). Persepsi Dan Motivasi Wisatawan Yang Berkunjung Ke Daya Tarik Wisata Jembong Di Kabupaten Buleleng. Jurnal IPTA, 5(2), 76. https://doi.org/10.24843/ipta.2017.v05.i02.p01

Bahrul Setiadi. (n.d.). Pengaruh Harga, Lokasi Dan Fasilitas Wisata Terhadap Keputusan Berkunjung Wisatawan (Studi Pada Objek Wisata Pantai Tiga Warna Di Kabupaten Malang).

Firdaus, P. K. (2020). Electronic word of mouth industri pariwisata Surabaya (Analisis isi ulasan Google Review berdasarkan dimensi E-wom Jeong & jang). Commercium, 3(2), 01–11.

Kristiutami, Y. P. (2017). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Berkunjung Wisatawan Di Museum Geologi Bandung. Jurnal Pariwisata, 4(2), 53–62. http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/jp

Kurniawan, M. A. (2019). Analisis Pengaruh Electronic Word of Mouth Dan Citra Destinasi Terhadap Kepuasan Melalui Keputusan Berkunjung Pada Pengunjung Desa Wisata Banjarejo Kabupaten Grobogan. Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang, 2(2), 69.

Kuswardani, D. (2020). Model Keputusan Berkunjung Pada Obyek Wisata Di Kota Semarang. Jurnal Industri Pariwisata, 2(2), 130–143. https://doi.org/10.36441/pariwisata.v2i2.39

Lebu, C. F. K., Wenas, R. S., & Mandey, S. L. (2019). Pengaruh Lokasi, Persepsi Harga Dan Daya Tarik Wisata Terhadap Keputusan Berkunjung Wisatawan Di Objek Wisata Danau Linow. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 7(4), 5505–5513.

Listianingrum, A. (2019). Pengaruh Daya Tarik, Aksesibilitas dan Fasilitas Terhadap Keputusan Berkunjung di Objek Wisata Pantai Muarareja Indah Kota Tegal. Skripsi. http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/1025

Maftukhah, G. (2009). Peran Electronic Word Of Mouth Dalam Membangun Citra Destinasi Guna Mempengaruhi Keputusan Berkunjung Wisatawan Ke Suatu Destinasi Pariwisata. 2(1), 1–118.

Mahgpiroh, A. (2017). Analisis Pengaruh Electronic Word Of Mouth Dan Citra Destinasi Terhadap Minat Berkunjung Serta Dampaknya Terhadap Keputusan Berkunjung Ke Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (Studi Kasus Pada Pengunjung Taman Nasional Gunung Gede Pangrango). Skripsi, 6–18.

Marlene, G. I. (2018). Motivasi Wisatawan Asal Surabaya Terhadap Thailand. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya, 6(1), 1–12.

Muflikhah, V., Pasfatima, Y. M., & Made, I. adhi. (2018). Pengaruh Electronic Word Of Mouth Di Media Sosial Instagram Dan Atribut Produk Wisata Terhadap Keputusan Berkunjung Di Floating Market Lembang. 6(2), 16–29.

Mulyantari, E. (2021). Pengaruh Lokasi dan Fasilitas terhadap Keputusan Berkunjung di Objek Wisata Goa Maria Tritis. Media Wisata, 18(1), 81–89. https://doi.org/10.36276/mws.v18i1.79

Nanang, R. H. (2013). Motivasi Wisatawan Mengunjungi Objek Wisata Di Desa Pawan Kabupaten Rokan Hulu. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Nurhaipah, T. (2019). Komunikasi Electronic Word Of Mouth (E-Wom) Pariwisata Kabupaten Majalengka Di Media Sosial Instagram Melalui #Majalengkahits. Jurnal Ilmu Politik Dan Komunikasi, IX(2).

Suwarduki, P. R., Edy, Y., & M. Kholid, M. (2016). Pengaruh Electronic Word Of Mouth Terhadap Citra Destinasi Serta Dampaknya Pada Minat Dan Keputusan Berkunjung (Survei Pada Followers Aktif Akun Instagram Indtravel Yang Telah Mengunjungi Destinasi Wisata Di Indonesia). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB)|Vol, 37(2), 1–10.

Yulivia. (2019). Pengaruh Electronic Word Of Mouth Dan Daya Tarik Wisata Terhadap Keputusan Berkunjung Wisatawan Di Candi Ratu Boko, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, Diy. Skripsi, 45(45), 95–98.

Downloads

Published

25-12-2022

How to Cite

Budhiartha, I. N., & Alhamdi, R. (2022). ELECTRONIC WORD OF MOUTH (EWOM) DAN MOTIVASI WISATAWAN TERHADAP KEPUTUSAN BERKUNJUNG DI JAM GADANG BUKTTINGGI SUMATERA BARAT. JURNAL MENATA, 1(2), 46–52. Retrieved from https://jurnal.btp.ac.id/index.php/menata-btp/article/view/74

Issue

Section

VOL.1. NO.2.NOPEMBER 2022