PENGARUH PERSEPSI HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI TORE JAPANESE EATERY & COFFEE BATAM

Authors

  • Venasius Delvito Vano Sembiring Manajemen Tata Hidangan, Politeknik Pariwisata Batam
  • Ilham wahyudi Manajemen Tata Hidangan, Politeknik Pariwisata Batam

Keywords:

persepsi harga, keputusan pembelian

Abstract

Saat ini banyak sekali restoran dan kafe yang bermunculan dan berkembang di berbagai lokasi termasuk di batam jika. Restoran merupakan tempat makan dengan menu yang beragam, maka kafe pada hakikatnya adalah tempat berdiskusi atau santai yamg menyajikan menu kopi dan makanan ringan. Restoran dan kafe lebih dari sekedar tempat minum atau bersantap tetapi juga supaya interaksi sosial antara berbagai pengunjung yang memiliki latar belakang. Tujuan penilitian ini adalah untuk mengetauhi apakah persepsi harga memengaruhi keputusan pemberian di tore japanese eatery batam. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif.  persepsi harga berfungsi sebagai variabel independen dan keputusan pembelian berfungsi sebagai variabel dependen dalam penilitian ini, data di kumpulkan memlalui distribusi kuesioner melalui google form kepada 104 responden, yang merupakan sampel pembeli atau pelanggan di tore japanese eatery 7coffe batam. Metode alaisis data dilakukan menggunakan spss satistik 23. Hasil penelitian menunmjukkan bahwa uji T menunjukkan bahwa variabel persepsi harga memengaruhi keputusan pembelian. Di sisi lain, dengan membandingkan keputusan pembelian.dengan tabel dan uji hitung. Ditemukan, bahwa persepsi harga memengaruhi keputusan pembelian. Hasil analisi regresi sederhana menunjukkan bahwa persepsi harga memiliki pengaruh sebesar 64,7% terhadap keputusan pembelian, dan variabel lain yang tidak di teliti dalam penelitian ini memiliki pengaruh sebesar 35,3%

Downloads

Download data is not yet available.

References

Faridatunniswah, A. (2013). Bab 3 metode dan teknik penelitian. 61–70.

Hadi, A. K. (2015). Pengaruh Persepsi Nilai Konsumen Terhadap Perilaku Pembelian Private Label Studi Kasus : Giant Hypermarket Poins Square Lebak Bulus. Skripsi Universitas Indonesia, 1–8.

Hamonangan. (2021). Bisnis Resto Minim Risiko (1st ed.). Inteligensia Media.

Ihda, A., & Budi, A. R. (2023). SEIKO : Journal of Management & Business Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Volume Penjualan Pada Usaha Cafe Kopi Kompleks Di https://doi.org/10.37531/sejaman.v6i1.543 Surabaya. 6(1), 456–466.

Intan, A. C. (2021). Pengaruh Strategi Promosi, Citra Merek, dan Persepsi Harga terhadap Minat Beli. Skripsi, 7–34.

Isa, M., & Istikomah, R. (2019). Surakarta. https://doi.org/10.1093/gao/9781884446054.article.t082385 21(2).

Jalil, U. (2019). Analisis Data Validitas dan Reliabilitas. 46–104.

jiunkpe. (2019). Tipe Tipe Restoran. Tipe Tipe Restoran, 1989, 5–22.

Kholifah, N. (2021). Analisis Regresi Linear. May, 1–23. Khozin, A. (2013). Persepsi Pemustaka Tentang Kinerja Pustakawan Pada Layanan Sirkulasi Di Perpustakaan Daerah Kabupaten Sragen. Menejemen, 30–39. http://eprints.undip.ac.id/40779/3/BAB_III.pdf

Kusmiati, K. (2017). Metode Penlitian. 48–57.

Kusuma, E. (2020). Persepsi Harga. NBER Working Papers, 89. http://www.nber.org/papers/w16019

Maria, M. R. (2022). Food and Beverage Service: Penjelasan Definisi Hingga Tugas-Tugasnya. GreatDayHR. https://greatdayhr.com/id-id/blog/food-and beverage-adalah/

Mariansyah, A., & Syarif, A. (2020). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan dan Harga terhadap Kepuasan Konsumen Cafe Kabalu. EKOMABIS: Jurnal Ekonomi Manajemen Bisnis, 1(01), 1–14.

Mindadari, R. (2019). Faktor-faktor yang mempengaruhi pengungkapan CSR Menurut Lang and Lundholm (1993) karakteristik perusahaan dapat menjelaskan variasi luas pengungkapan sukarela dalam laporan tahunan, karakteristik perusahaan merupakan prediktor kualitas dari suatu pengung. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 22–40.

Muhson, A. (2020). Teknik Analisis Kuantitatif.

Muqsit, A. (2020). Analisis Pengaruh Pertumbuhan Penduduk, Produk Domestik Regional Bruto Dan Inflasi Terhadap Pengangguran Di Provinsi Lampung Dalam Perspektif Ekonomi Islam Tahun 2005-2017. Ningtyas, M. (2014a). Penerapan Metode Laba Kotor Unt. Metode Penelitian, 32 41.

Ningtyas, M. (2014b). Pengaruh Pendekatan Keterampilan Taktis Terhadap Ketepatan Smash Bulutangkis Di SMA Muhammadiyah 1 Kota Pontianak. Bintang: Jurnal Pendidikan Dan Sains, 1(3), 32–41. https://www.ejournal.stitpn.ac.id/index.php/bintang/article/view/716/476

Ningtyas, S. R. A., & Rahmawati, D. (2017). Pengaruh Harga Dan Promosi Terhadap Minat Beli Konsumen (Mall Suzuya Kota Langsa). Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9),

http://repository.radenintan.ac.id/1457/%0Ahttp://etheses.uin malang.ac.id/id/eprint/2701 65.

P. Angipora, M. (2018). Defenisi Harga. 1–34. http://repository.uin suska.ac.id/6611/4/BAB III.pdf

Prabowo, I. J. K. G., & Nurhadi. (2019). Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk, Persepsi Harga Dan Word Of Mouth Terhadap Minat Beli (Studio Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi UNY Pengguna Iphone). Indra Jaya, 246–256.

Pranyoto, R. A. P. (2021). Penelitian Teknologi. 1–23.

Pratama, A. (2019). Pengertian Cafe. 224(11), 122–130.

Rachiminadhisa, I. (2021). Realisasi Ekstensifikasi Pajak Terhadap Realisasi Penerimaan Pajak Penghasilan Orang Pribadi. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 2013–2015.

Rusakamto, M. (2021). Metode Penelitian.

Saragih, J. R., Tarigan, A. K., Juwita, R., & Sitinjak, C. T. (2022). Jurnal Manajemen Unefa Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Menginap di Horison Hotel. 1(1), 1–8.

Sardanto, R., & Ratnanto, S. (2016). Pengaruh Persepsi Konsumen Terhadap Keputusan Pada Angkringan Kota Kediri. Jurnal Benefit, 3(1), 31–45.

Setyarko, Y. (2016). Analisis Persepsi Harga, Promosi, Kualitas Pelayanan, dan Kemudahan Penggunaan Terhadap Keputusan Pembelian Produk Secara Online. Ekonomika Dan Manajemen, ISSN: 2252-6226, 5(2), 128–147.

Shihab, M. S., & Cahya, N. (2018). Pengaruh Persepsi Harga, Kualitas Produk, Citra Merek, dan Layanan Purna Jual Terhadap Keputusan Pembelian dan Dampaknya Terhadap Kepuasan Pelanggan Smartphone Asus Studi Kasus di PT. Datascrip. Jemi, 1(01), 34–46.

Sinaga, D. (2014). Statistik Dasar. 282.

Soesilo, T. D. (2019). Ragam dan Prosedur Penelitian Tindakan. 31–40. https://repository.uksw.edu/bitstream/123456789/19730/3/BOOK_Tritjahjo Danny_Ragam dan Prosedur Penelitian Tindakan_Bab 3.pdf

Sugiyono. (2022). Pengaruh Electronic Word of Mouth (E-Wom) Terhadap Keputusan. 1–23.

Sulastri, T. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Persepsi Harga Terhadap Kepuasan Mahasiswa Serta Implikasinya Pada Citra Perguruan Tinggi. Jurnal Inspirasi Bisnis Dan https://doi.org/10.33603/jibm.v1i1.491 Manajemen, 1(1), 41.

Syafni, M. (2018). Pengaruh Pendidikan Entrepreneurship Terhadap Etika Bisnis Pelaku Usaha Alumni Sekolah Menegah Kejuruan Negeri 1 Pekanbaru Menurut Perspektif Ekonomi Islam. Uin Suska Riau Repository, 30–54.

Downloads

Published

26-11-2024

How to Cite

Delvito Vano Sembiring, V., & wahyudi, I. (2024). PENGARUH PERSEPSI HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI TORE JAPANESE EATERY & COFFEE BATAM. JURNAL MENATA, 3(2), 41–51. Retrieved from https://jurnal.btp.ac.id/index.php/menata-btp/article/view/328

Issue

Section

VOL.3. NO.2. NOPEMBER 2024