PENGARUH PERANAN BARISTA TERHADAP KUALITAS PELAYANAN DI APPARA COFFEE BATAM

Authors

  • Muhammad Revanza Politeknik Pariwisata Batam
  • Tito Politeknik Pariwisata Batam

DOI:

https://doi.org/10.59193/jmt.v2i1.183

Keywords:

Barista, Appara, Coffee

Abstract

Berdasarkan hasil penelitian mengenai pengaruh peranan barista terhdap kualitas pelayanan di appara coffee batam adanya pengaruh signifikan dari peranan barista terhadap kualitas pelayanan appara coffee.hal ini dapat di ketahui dari hasil pada uji validitas ini berjumlah 30 responden,dan mendapatkan hasil valid dengan rhitung>rrtabel yaitu 0,306.hasil uji realibilitas,digunakan rumus Cronchbanch Alpha Hasilnya di atas 0,6 Hasil uji Variabel (x) peranan Barista sebesar 0,925 dan variabel (Y) kualitas pelayanan 0,947. Kemudian ada uji analisis regresi linear sederhana yang bertujuan untuk mengetahuil apakah variabel (X) peran barista memilki hubungan dengan variabel (Y) kualitas pelayanan hasil uji nilai signifikannya yaitu sebesar 0,00 lebih kecil dari 0,05 sehingga dapat dikatakan bahwa data tersebut dapat diterima Ha yaitu peranan barista secara signifikan memberikan pengaruh terhadap kualitas pelayanan di appara coffee batam dan menguunakan uji hipotesis atau uji t dimana dengan hasil 16.908> 1902 atau thitung >t tabel sehingga dapat menarik kesimpulan bahwa ada pengaruh yang positif secara signifikan terhadap kualitas pelayanan di appara coffee batam,penelitian ini membuktikan bahwa peranan barista berpengaru terhadap kualitas pelayanan di appara coffee Batam

Downloads

Download data is not yet available.

References

Clayton, Ronald F. 2021. Coffee Knowledge.Dalam https://pdfcoffee.com/coffee-knowledge-pdf-free.html.Diakses pada tanggal 25 September 2021.

Annisha, & Soekarno. 2018. Skripsi: Pengaruh kualitas produk kopi terhadap kepuasan konsumen di Jade Lounge Swiss-Bell Residences Kalibata Jakarta.Dalam https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jim/article/view/10202 Diakes pada tanggal 27 September 2021.

Endriati, Theresia E. 2020.Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Kedai Kopi Postmo Di Alaya Samarinda.Dalam http://ejurnal.untag-smd.ac.id/index.php/EKM/article/view/961diakses tanggal 26 September 2021.

Gay. L.R, dkk, 2011. Memahami Metode Survey, dalam https://ometlit.com/metode-survey/.

Goolive, 2021. Konsumsi Kopi Nasional Dalamhttps://goolive.id/main/news/detail/74/2021-konsumsi-kopi-indonesia-diprediksi-mencapai-370-ribu-ton.

Frangky Silitonga, & Alpino Susanto. (2021). Pelatihan Pembuatan Dan Pengembangan Ojs.V3 Di Universitas Karimun. Jurnal Awam, 1(1), 18-28. Retrieved from http://www.ejurnal.universitaskarimun.ac.id/index.php/awam/article/view/325

Joko, D., Tegor, & Silitonga, F. (2023). Metode Penelitian Terapan. Deepublish.

Silitonga, F. (2015). The vocabulary understanding of reading text in Hosannah Batam School. Journal BASIS, 2(2), 111-116.

Silitonga, F., Wibowo, A. E., Siska Amelia Maldin, Baktivillo Sianipar, & Mohamad Nur Afriliandi Nasution. (2023). PENGEMBANGAN OBJEK WISATA SEBAGAI INVESTASI MASYARAKAT DI PULAU LANCE BATAM. JURNAL KEKER WISATA, 1(1), 1–11. https://doi.org/10.59193/jkw.v1i1.93

Silitonga, F., Wibowo, A. E., Maldin, S. A., Sianipar, B., & Nasution, M. N. A. (2023). PENGEMBANGAN OBJEK WISATA SEBAGAI INVESTASI MASYARAKAT DI PULAU LANCE BATAM. Jurnal Keker Wisata, 1(1), 1-11.

Silitonga, F., & Astuti, L. P. (2018). From Teaching of Sundanese’s Teenager Speaking Ability In Batam: Spoken Discourse Analysis: Teaching of Sundanese’s Teenager Speaking Ability in Spoken Discourse Analysis. International Journal of Language Teaching and Education, 2(3), 325-333.

Silitonga, F., Nasution, M. N. A., & Abnur, A. (2023). Inovasi Melalui Manajemen 4a Dalam Peningkatan Kunjungan Wisatawan Dan Pad Kota Batam. Jurnal Mahatvavirya, 10(1), 71-88.

Downloads

Published

04-08-2023

How to Cite

Muhammad Revanza, & Tito. (2023). PENGARUH PERANAN BARISTA TERHADAP KUALITAS PELAYANAN DI APPARA COFFEE BATAM. JURNAL MENATA, 2(1), 35–43. https://doi.org/10.59193/jmt.v2i1.183

Issue

Section

VOL 2. NO.1. MEI 2023