ANALISIS PENERAPAN MANAJEMEN OPERASIONAL PADA GARWA COFFEE
DOI:
https://doi.org/10.59193/jmr.v4i2.460Keywords:
Manajemen operasional, strategi pemasaran, pencatatan operasional, efisiensi kerja, usaha kopiAbstract
Garwa Coffee yang menghadapi berbagai permasalahan internal, mulai dari lokasi usaha yang kurang strategis hingga ketiadaan sistem kerja dan strategi pemasaran yang efektif. Metode penelitian yang digunakan bersifat deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Data dikumpulkan melalui observasi langsung, wawancara, dan dokumentasi. Hasil analisis menunjukkan bahwa Garwa Coffee mengalami hambatan dalam pengelolaan operasional akibat tidak adanya sistem penjadwalan pembelian bahan baku, kurangnya pencatatan kegiatan operasional, ketidakjelasan target pasar, serta ketiadaan tim pemasaran khusus. Selain itu, belum diterapkannya sistem kerja shift dan rendahnya inisiatif dalam menjangkau pelanggan baru berdampak pada stagnasi penjualan. Penelitian ini merekomendasikan perbaikan melalui penerapan strategi operasional yang terstruktur, pembentukan tim pemasaran, sistem dokumentasi yang konsisten, serta pelatihan karyawan dalam manajemen waktu dan teknik penjualan. Temuan ini diharapkan dapat menjadi dasar pengambilan keputusan manajerial dalam meningkatkan efisiensi dan daya saing usaha Garwa Coffee
Downloads
References
Arikunto, Suharsimi. (2016). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktis. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Avolio, B. J., & Bass, B. M. (2004). Multifactor Leadership Questionnaire: Third Edition Manual and Sampler Set. Mind Garden, Inc
Heizer, J., & Render, B. (2014). Operations Management (11th ed.). Pearson.
Heizer, J., Render, B., & Munson, C. (2023). Operations Management: Sustainability and Supply Chain Management (14th ed.). Pearson Education.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management (15th ed.). Pearson.
Slack, N., Chambers, S., & Johnston, R. (2013). Operations Management (7th ed.). Pearson.
Schroeder, R., & Goldstein, S. (2024). Operations Management in the Supply Chain: Sustainability and Resilience (8th ed.). McGraw-Hill Education.
Kusniyah, K., Lukita, C., & Lestari, N. W. F. A. (2024). Analisis Strategi Pemasaran Online dan Offline Dalam Meningkatkan Penjualan Dan Keberhasilan Bisnis Pada Butik Kayla Wati. Jurnal Ilmiah Manajemen dan Akuntansi, 1(6), 15-23.
Costa, G. (2010). Shift work and health: current problems and preventive actions. Safety and health at Work, 1(2), 112-123.
Chaffey, D., Ellis-Chadwick, F., & Mayer, R. (2009). Internet marketing: strategy, implementation and practice. Pearson education.
Doran, G.T. (1981). There's a S.M.A.R.T. Way to Write Management's Goals and Objectives. Management Review, 70(11), 35–36. Artikel ini merupakan sumber asli yang memperkenalkan konsep SMART.
Irawan, C. R., & Ali, H. (2021). Pengaruh lokasi bisnis, kinerja karyawan dan lingkungan kerja terhadap strategi bisnis di perkotaan. Jurnal Kewirausahaan dan Multi Talenta, 2(2), 1–10.
Pietsch, S., Riddell, H., Semmler, C., Ntoumanis, N., & Gucciardi, D.F. (2024). SMART goals are no more effective for creative performance than do-your-best goals or non-specific, exploratory 'open goals'. Educational Psychology, 44(11), 1–17.
Prajogo, D., & McDermott, C. (2014). The relationship between supplier management and firm performance: The mediating role of operational capabilities. International Journal of Production Economics, 156, 238-247.
Rosi, Y. A. (2023). Pentingnya pengembangan keterampilan soft skill dalam administrasi perkantoran. Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran, 1(2), 148–155.
Sembly. (2025). Perfect Sales Meeting Agenda + Free Template & AI Tips. Diakses dari https://www.sembly.ai/blog/the-perfect-sales-meeting-agenda/
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Niswa Ayu Khafifah, Raira Alfia Putri, Tyanasyalia Sholaita, Zahra Huwaida Hurumatillah, Purna Hindayani, Rattikah Fitrianty

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.





