SOSIAL MEDIA SEBAGAI SOLUSI STRATEGIS E-MARKETING DALAM MEMPENGARUHI KEPUTUSAN PEMBELIAN DI KEDAI KOPI BANJARAN

Authors

  • Yudha Wardani Manajemen Divisi Kamar, Politeknik Pariwisata Batam
  • Andri Wibowo Manajemen Divisi Kamar, Politeknik Pariwisata Batam
  • Raden Rizki Muttaqien Pariwisata, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Pariwisata Yapari

DOI:

https://doi.org/10.59193/jmr.v4i1.289

Keywords:

e-marketing, kualitas Produk, keputusan Pembelian, sosial Media

Abstract

This study investigates the role of product quality and social media-based e-marketing in shaping consumer purchasing decisions for coffee in Banjaran. Using a quantitative approach, data will be collected from customers of selected Banjaran coffee shops, analyzing how perceived product excellence and social media marketing (e.g., Instagram promotions, influencer collaborations, or online engagement) collectively drive buying behavior. Statistical methods, such as regression analysis, will determine the strength of these factors’ influence. The findings aim to provide actionable insights for Kopi Banjaran businesses to refine their product offerings and leverage social media strategies effectively, thereby enhancing customer attraction and sales performance.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Kewirausahaan dalam Manajemen Pemasaran, Jakarta: PT.Gramedia Pustaka Yogyakarta

Klimchuck dan Krasovec, 2014, Packaging Design, Boston: Lia. Associates Kotler, P. dan Amstrong, 2018. Prinsip-prinsip Pemasaran Jilid 2 Edisi 15. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Leon dan Lazar, 2008. Perilaku Konsumen Edisi 7, Terj: Zulkifli Kasip, PT Indeks, Jakarta

Malau, Harman, 2018, Manajemen Pemasaran (Teori dan Aplikasi Pemasaran Era Tradisional Sampai Era Modernisasi Global), Alfabeta, Bandung

Martini, T. 2015. Analisis pengaruh harga, kualitas produk dan desain terhadap keputusan pembelian kendaraan bermotor merek honda jenis skutermatic. jurnal ilmiah manajeman bisnis, vol 9 no 1.

Moeloeng, L. 2012. Metodologi penelitian kualitatif . Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Paul Peter dan Jerry Olson, 1996, Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran, Jakarta: Erlangga

Pride dan Ferrel, 2010, Marketing, Teori dan Praktek Sehari-hari, Jakarta: PT. Surya

Priyono, 2015, Pengantar Manajemen, Bandung: Alfabeta

Rosady, Ruslan, 2013, Metode Penelitian Public Relations dan Komunikasi, PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta

Saladin, D. 2007. manajeman pemasaran. Bandung: Linda Karya. Samsul Ramli, 2013, Pengantar Manajemen, Bandung: Alfabeta

Schiffman dan Kanuk, 2012, Perilaku Konsumen, Jakarta: Indeks

Sekaran, Uma. 2016. Metode Penelitian untuk Bisni Jilid 2, Salemba Empat. Jakarta

Simamora, Bilson, 2014, Riset Pemasaran Falsafah, Teori dan Aplikasi, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama

Sobry, Sutikno, 2013, Desain Dalam Transformasi Pendidikan Teknologi, Jakarta: Lentera

SP, S. W., & Nurlela, 2013. pengaruh viral marketing terhadap keputusan pembeliian pembelian pada PT .X. Jurnal seminar nasional.

Stantom dan Lamarto, 2013 . Prinsip Pemasaran Edisi Tujuh, Erlangga. Jakarta

Sugiyono, 2011, Metode Penelitian Administrasi dilengkapi dengan metode R&D, Bandung: Alfabeta

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung.Alfabeta

Suharsimi, Arikunto, 2002, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Jakarta: Rineka Cipta

Supranto, J. 2013, Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan untuk Menaikkan Pasar, Jakarta: Rineka Cipta

Sutisna. 2015. Perilaku Konsumen dan Komunikasi Pemasaran. Jakarta: PT. Remaja Rosdakarya

Downloads

Published

2025-04-30

How to Cite

Wardani, Y., Wibowo, A., & Rizki Muttaqien, R. (2025). SOSIAL MEDIA SEBAGAI SOLUSI STRATEGIS E-MARKETING DALAM MEMPENGARUHI KEPUTUSAN PEMBELIAN DI KEDAI KOPI BANJARAN. JURNAL MEKAR, 4(1), 31–35. https://doi.org/10.59193/jmr.v4i1.289

Issue

Section

VOL. 4. NO. 1. APRIL 2025

Similar Articles

1 2 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.