STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN PADA PRESENTASI IDE DAN KONSEP KULINER

Authors

  • Muhammad Zidane Fahrultullah Manajemen Kuliner, Politeknik Pariwisata Batam
  • Anisa Salsabila Manajemen Kuliner, Politeknik Pariwisata Batam
  • Yolanda Houmasan Simaremare Manajemen Kuliner, Politeknik Pariwisata Batam
  • Mishaly Humayrah Manajemen Kuliner, Politeknik Pariwisata Batam
  • Siska Amelia Maldin Manajemen Tata Hidangan, Politeknik Pariwisata Batam

DOI:

https://doi.org/10.59193/jmt.v4i2.414

Keywords:

strategi komunikasi, kuliner, media sosial, presentasi ide

Abstract

Industri kuliner saat ini tidak hanya mengandalkan cita rasa dan tampilan visual produk, tetapi juga membutuhkan strategi komunikasi pemasaran yang efektif, khususnya dalam penyampaian ide dan konsep melalui media digital. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji penerapan strategi komunikasi pemasaran dalam presentasi ide kuliner, mengidentifikasi elemen komunikasi persuasif yang efektif, serta menelusuri peran media sosial dan influencer dalam proses promosi. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif melalui studi literatur dari jurnal-jurnal ilmiah terkait. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model AIDA efektif meningkatkan minat konsumen, komunikasi pemasaran terpadu (IMC) memperkuat konsistensi pesan, sementara kreativitas konten oleh foodies dan influencer berperan penting dalam membangun koneksi emosional dengan audiens. Storytelling serta elemen visual seperti logo juga menjadi faktor penentu dalam membangun brand image. Selain itu, kombinasi strategi promosi online dan offline mampu meningkatkan keterlibatan konsumen secara menyeluruh. Dengan demikian, strategi komunikasi pemasaran yang tepat dapat memperkuat daya tarik presentasi ide kuliner dan meningkatkan daya saing produk di era digital.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Dewi, C. and Nugraha, G.R. (2024) ‘Gaya Bahasa dan Teknik Persuasif dalam Iklan Makanan Daring Izakaya Jepang’, NAWA: Journal of Japanese Studies, 1(1), pp. 45–53. Available at: https://doi.org/10.69908/nawa.v1i1.35007.

Auliya, A. and Mona, N. (2020) ‘Pengembangan Kreativitas Kuliner Sebagai Elemen Daya Tarik Wisata Kota Depok’, Jurnal Ilmiah Pariwisata, 25(3), pp. 189–200.

Azriel, M., Hambali, A. and Gema, M.H. (2023) ‘Perancangan Strategi Promosi Kuliner Legendaris Promotion Strategy Design for the Legendary Rencong Grilled Chicken’, … of Art & …, 10(2), pp. 3180–3195. Available at: https://openlibrarypublications.telkomuniversity.ac.id/index.php/artdesign/article/download/20149/19514.

Fani Syaifillah and Karin Amaranggana (2023) ‘Pemanfaatan Akun Instagram @Darihalte_Kehalte Sebagai Media Promosi Wisata Kuliner’, Seminar Nasional Pariwisata dan Kewirausahaan (SNPK), 2, pp. 44–51. Available at: https://doi.org/10.36441/snpk.vol2.2023.100.

Farizi, A. et al. (2023) . ‘“Eksplorasi Desain Logo NJP Bakery yang Efektif sebagai Upaya untuk Mencapai Konsistensi Branding.” 1.6 ():’, Journal of Creative Student Research, 1(6), pp. 345-355.

Kastanya, R.S.P., Sapari, L.S.J. and Maryen, A. (2022) ‘Analisis Strategi Pemasaran untuk Peningkatan Volume Penjualan Produk Kuliner Khas Korea Selatan (Studi Kasus Pada Holdak Sorong)’, Students’ Difficulties at Elementary School in Increasing Literacy Ability, 4(1), pp. 1–15.

Lapar, R. (2025) ‘Strategi komunikasi persuasif melalui konten kreatif di media sosial studi kasus pada umkm rumah lapar’, 2(1), pp. 171–179.

Ramaputra, M.A. and Afifi, S. (2021) ‘Analisis Strategi Kreatif Konten Promosi Usaha Foodies Melalui Media Sosial Instagram’, Jurnal Ilmiah Manajemen Informasi dan Komunikasi, 5(2), pp. 16–35. Available at: https://doi.org/10.56873/jimik.v5i2.145.

Roghibah, E.I. and Ro’is Abidin, M. (2023) ‘Perancangan Media Promosi Secangkir Rindu Cafe Melalui Instagram’, Jurnal Barik, 5(1), pp. 110–117.

Saiful, A.M. and Rachmawati, D. (2024) ‘Analisis Komunikasi Persuasif Food Vlogger dalam “Review Jujur” Restoran “Kultur Haus Makassar”’, COMMENTATE: Journal of Communication Management, 4(2), pp. 133–150. Available at: https://journal.lspr.edu/index.php/commentate/article/view/699/288.

Sari, A.N. et al. (2025) ‘GAYA KOMUNIKASI SELEBGRAM DALAM KEGIATAN ENDORSEMENT DI INSTAGRAM ( STUDI FENOMENOLOGI PADA AKTIVITAS JOANA NABABAN )’, 13(1), pp. 210–218.

Soraya, I., Rahastine, M.P. and Susilowati, S. (2024) ‘Komunikasi Persuasif Untuk Memperkenalkan Kuliner Lokal (Studi Kasus Kuliner Gabus Pucing Saung Babelan Bekasi)’, Innovative: Journal Of Social …, 4, pp. 14921–14933. Available at: http://j-innovative.org/index.php/Innovative/article/view/12137%0Ahttp://j-innovative.org/index.php/Innovative/article/download/12137/8333.

Yuliani, N. et al. (2024) ‘Inovasi Kewirausahaan dalam Industri Makanan Melalui Kreativitas dan Teknologi ( Studi Kasus Restoran AvoEats )’, Jurnal Inovasi Kewirausahaan, 1(1), pp. 6–18. Available at: https://doi.org/10.37817/jurnalinovasikewirausahaan.v1i1.3615.

Downloads

Published

19-11-2025

How to Cite

Fahrultullah, M. Z., Salsabila, A., Simaremare, Y. H., Humayrah, M., & Maldin, S. A. (2025). STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN PADA PRESENTASI IDE DAN KONSEP KULINER. JURNAL MENATA, 4(2), 43–46. https://doi.org/10.59193/jmt.v4i2.414

Issue

Section

VOL.4. NO.2. NOVEMBER 2025

Similar Articles

1 2 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.