STRATEGI PENGEMBANGAN OBJEK WISATA MUSEUM KOTA TANJUNG PINANG SULTAN SULAIMAN BADRUL ALAMSYAH
DOI:
https://doi.org/10.59193/jmn.v1i1.1Keywords:
Attraction, Tourism, Museum, StrategyAbstract
Tanjungpinang City itself has potential in the tourism sector. Tanjungpinang city has historical heritage that is recorded in history books. These historical relics are very interesting to be visited. Strategy is very important for the development of an organization/company in order to achieve goals, both short-term and long-term goals. Analysis in strategy development is based on the dimensions of the strategy used, namely Objectives, Policies and Programs.
Downloads
References
Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Tanjungpinang. Buku Panduan Museum Kota Tanjungpinang Sultan Sulaiman Badrul
Alamsyah. 2019 Fandeli, Chafid. 2000. Dasar-Dasar Manajemen Kepariwisataan Alam. Yogyakarta : Liberti
Fanni Whinih Rinukmi, 2007. “Potensi Tempat Wisata Pantai Trisik Kecamatan Galur Dalam Usaha Mendukung Pariwisata Kabupaten Kulon Progo Daerah Istimewa Yogyakarta”. Skripsi. Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta.
Guswan, 2015. Strategi Pengembangan Pariwisata Kawasan Tanjung Bira PadaDinas Kebudayaan Dan Pariwisata Kabupaten Bulukumba.
Hamalik, Oemar 2011. Travel dan Tour AsasMetode-Teknik. Jakarta : PT Pradnya Paramita.
Heene, Aimè dkk, 2010. Manajemen Strategik Keorganisasian Publik. Bandung: PT Refika Aditama
Inskeep, Edward. 1991. Tourism Planning : An Integrated and Sustainable Development Approach. New York :Van Nostrand Reinhold
Kurniawan, Fitri Lukiastuti dan Hamdani, Muliawan, 2000. Manajemen Stratejik dalam Organisasi. Yogyakarta: MedPress.
Mintzberg, Lampell.dkk, 2003. The Strategy Process. Edisi Keempat. New Jersey: Upper Saddle River.
Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2015 tentang Kementerian Pariwisata
Pitana, Gde, 2009, Pengantar Ilmu Pariwisata, Yogyakarta: Andi.
Pitana, I Gde dan Diarta, I Ketut Surya, 2009. Pengantar Ilmu Pariwisata. Yogyakarta: Andi.
Pradikta, Angga, 2013. Strategi Pengembangan Obyek Wisata Waduk Gunungrowo Indah Dalam Upaya Meningkatkan Pendapatan Asli Daerah(PAD) Kabupaten Pati.
Robbins, Stephen P. dan Coulter, Mary, 2009. Manajemen. Edisi Kedelapan. Klaten: PT Macanan Jaya Cemerlang.
Salusu, J. 2015. Pengambilan Keputusan Stratejik Untuk Organisasi Publik dan Organisasi Nonprofit. Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia.
Sugiyanto, 2001. “Analisis Medan Untuk Pengembangan Obyek Dan Fasilitas Pariwisata di Kecamatan Tawangmangu Kabupaten Karanganyar”. Tesis. Pascasarjana Universitas Gadjah Mada Yogyakarta.
Sumaryono, 2005. “Partisipasi Potensi Obyek Wisata Museum Sangiran (Survey di Desa Krikilan Kecamatan Kali Jambe Kabupaten Sragen Tahun 2005)”. Skripsi. Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta.
Sedarmayanti, 2014. Manajemen Strategi. Bandung: PT Refika Aditama.
Siagian, Sondang P, 2003. Manajemen Stratejik. Jakarta: Bumi Aksara.
Sugiyono, 2009. Metode Penelitian Administrasi. Bandung: CV Alfabeta.
Sugiyono, 2008. Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif dan R&D, Bandung:Alfabeta.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 5 Tahun 2015 Tentang Pembentukan Kota Tanjungpinang.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 10 Tahun 2009 Tentang Kepariwisataan
Wiwik, Anastasia, 2018. Sejarah dan Cagar Budaya di Kota Tanjungpinang. Tanjungpinang : Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Tanjungpinang
Yoeti, Oka A. 1996. Pengantar Ilmu Pariwisata. Bandung : Angkasa
Yuningsih, Nining, 2005. Peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Melalui Pengembangan Potensi Obyek Wisata Pantai Pangandaran Di Kabupaten Ciamis Jawa Barat.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Devid Simatupang, Mulyadi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.