PENGARUH MOTIVASI TERHADAP MINAT KUNJUNGAN ULANG WISATAWAN MANCANEGARA: PERSPEKTIF FAKTOR PENARIK

Authors

  • Hendra Syaiful politeknik pariwisata batam
  • Agung Edy Wibowo Politeknik Pariwisata Batam
  • Mohamad Nur Afriliandi Nasution Politeknik Pariwisata Batam

DOI:

https://doi.org/10.59193/jmn.v2i1.136

Keywords:

Motivasi Perjalanan, Faktor Pendorong , Penarik, Minat Kunjung Ulang, Wisata Religi

Abstract

Kunjungan wisatawan mancanegara kembali meningkat seiring menurunkan kasus COVID-19, namun belum selaras dengan minat kunjung ulang wisatawan dalam destinasi wisata religi masjid di Kota Batam. Wisata religi adalah jenis wisata yang dikategorikan dalam wisata minat khusus. Untuk mengetahui besarnya minat wisatawan mancanegara berkunjung kembali ke suatu objek wisata maka diperlukan analisis mengenai pengaruh faktor pendorong edukasi, interpersonal, fisiologis dan faktor penarik atraksi wisata, amenitas, aksesibilitas, dan ancillary service terhadap minat kunjung ulang wisatawan mancanegara pada destinasi wisata religi masjid di Kota Batam. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode eksplanasi. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling metode accidental sampling. Teknik penarikan sampel dalam penelitian ini menggunakan rumus Slovin dengan margin error 10%, diperoleh jumlah minimum sampel sebesar 100 sampel. Hasil pengumpulan data diperoleh 102 sampel melalui kuesioner. Analisis data menggunakan regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan faktor pendorong edukasi, interpersonal, fisiologis dan faktor penarik atraksi wisata, amenitas, aksesibilitas, dan ancillary service berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat kunjung ulang wisatawan mancanegara pada destinasi wisata religi masjid di Kota Batam. Hasil ini memberikan implikasi bahwa pihak manajemen pengelola wisata atau pemerintah daerah dapat memperkuat faktor tarikan dengan variabel amenitas. Hal yang harus diperkuat adalah peningkatan kelengkapan fasilitas kegiatan wisata religi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdullah, T. (2017). Penilaian Wisatawan akan Atribut Pariwisata di Kota Batu. Tourism and Hospitality Essentials (THE) Journal, 7(2), 91–96.

Afriesta, C. L. B., Kurniawan, H. E., & Ekasiwi, S. N. N. (2020). Korelasi Antara Push dan Pull Factor Wisata Kawasan dan Bangunan Bersejarah. Jurnal Pariwisata Terapan, 4(1), 1–11.

Ajzen, I. (2012). The theory of planned behavior. Handbook of Theories of Social Psychology: Volume 1, (July), 438–459. https://doi.org/10.4135/9781446249215.n22

Alfitriani, Putri, W. A., & Ummasyroh. (2021). Pengaruh Komponen 4A Terhadap Minat Kunjung Ulang Wisatawan Pada Destinasi Wisata Bayt Al-Qur’an Al-Akbar Kota Palembang. JAMB: Jurnal Aplikasi Manajemen & Bisnis, 1(2), 66–77.

Amaro, S., Antunes, A., & Henriques, C. (2018). A closer look at Santiago de Compostela’s pilgrims through the lens of motivations. Tourism Management, 64, 271–280. https://doi.org/10.1016/j.tourman.2017.09.007

Badan Pengusahaan Batam. (2022). Batam adalah pulau dengan sejuta peluang pada berbagai sektor. Salah satu yang tidak boleh terlewatkan adalah sektor pariwisata. Diambil 8 September 2022, dari https://bpbatam.go.id/tentang-batam/destinasi-wisata/

Badan Pusat Statistik Indonesia. (2022). Pariwisata. Diambil 8 September 2022, dari https://www.bps.go.id/subject/16/pariwisata.html#subjekViewTab3

Badan Pusat Statistik Kota Batam. (2022). Wisatawan Mancanegara Ke Kota Batam Menurut Kebangsaan. Diambil 8 September 2022, dari https://batamkota.bps.go.id/indicator/16/91/1/wisatawan-mancanegara-ke-kota-batam-menurut-kebangsaan.html

Bahrudin, A. (2017). Inovasi Daerah Sektor Pariwisata (Studi Kasus Inovasi Pembangunan Pariwisata Kab Purworejo Jawa Tengah). Mimbar Administrasi, 1(1), 50–69.

Baniya, R. (2017). Push and Pull Factors and their effects on International Tourists ’ Revisit Intention to Nepal. The GAZE Journal of Tourism and Hospitality, 8(July), 20–39. https://doi.org/10.3126/gaze.v8i0.17830

Baptista, E. A., Saldanha, E. D. S., & Vong, M. F. (2020). The Mediating Effect of Tourist Satisfaction among Pull and Push Factors on Tourists’ Behavioural Intentions. Timor-Leste Journal of Business and Management, 2(1), 66–70.

Bond, N., Packer, J., & Ballantyne, R. (2014). Exploring Visitor Experiences, Activities and Benefits at Three Religious Tourism Sites. International Journal of Tourism Research, 17(5), 471–481. https://doi.org/10.1002/jtr

Buhalis, D. (2000). Marketing the competitive destination of the future. Tourism Management, 21, 97–116.

Bungin, B. (2016). Penelitian Kualitatif: Komunikasi, Ekonomi, Kebijakan Publik, dan Ilmu Sosial lainnya. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Chahal, H., & Devi, A. (2015). Destination Attributes and Destination Image Relationship in Volatile Tourist Destination: Role of Perceived Risk. Metamorphosis, 14(2), 1–19. https://doi.org/10.1177/0972622520150203

Chaliq, A. (2011). Manajemen haji dan wisata religi. Jakarta: Mitra Cendekia.

Cooper, C., Fletcher, J., Gilbert, D., Fyall, A., & Wanhill, S. (2008). Tourism: Principles and Practice (4 ed.). London: Pearson Education, Inc.

Dessler, G. (2015). Fundamentals of Human Resource Management. England: Pearson.

Engel, J. F., Blackwell, R. D., & Miniard, P. W. (2013). Perilaku Konsumen. Tangerang: Binarupa Aksara.

Gazalba, S. (1982). Mesjid, pusat ibadat dan kebudayaan Islam. Jakarta: Pustaka Antara.

Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisis Multivarians Dengan Program IBM SPSS 23, Cetakan III. Semarang: Badan Penerbit Undip.

Harianto, S. P., Tsani, M. K., Santoso, T., Masruri, N. W., & Winarno, G. D. (2021). Penilaian Wisatawan Terhadap Komponen Destinasi Wisata: Atraksi, Amenitas, Aksesibilitas dan Pelayanan Tambahan Pada Objek Wisata Kebun Raya Liwa. Jurnal Ilmu Kehutanan, 15(1), 13–27. https://doi.org/10.22146/jik.v15i1.1515

Hermawan, D., Nurdin, B. V., & Hutagalung, S. S. (2022). Changes in Tourist Interests During a Pandemic: A Study of Travel Choices and Motivations Post COVID-19 Pandemic. Proceedings of the Universitas Lampung International Conference on Social Sciences (ULICoSS 2021), 628, 1–5. https://doi.org/10.2991/assehr.k.220102.069

Holloway, J. C., & Humphreys, C. (2016). The business of tourism. New York: Pearson Education, Inc.

Judisseno, R. K. (2017). Aktivitas dan kompleksitas kepariwisataan: suatu tinjauan tentang kebijakan pengembangan kepariwisataan. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Juliadi. (2007). Masjid Agung Banten, Nafas Sejarah dan Budaya. Yogyakarta: Ombak.

Kemenparekraf. (2022). Tahun pemulihan pariwisata, 550 juta wisatawan nusantarabakal wara-wiri tahun ini. Diambil 8 September 2022, dari https://pedulicovid19.kemenparekraf.go.id/tahun-pemulihan-pariwisata-550-juta-wisatawan-nusantara-bakal-wara-wiri-tahun-ini/

Kepri.antaranews.com. (2022). Batam Perbanyak destinasi Wisata Seiring Peningkatan Wisman. Diambil 25 Oktober 2022, dari https://kepri.antaranews.com/berita/122481/batam-perbanyak-destinasi-wisata-seiring-peningkatan-wisman

Khuong, M. N., & Ha, H. T. T. (2014). The Influences of Push and Pull Factors on the International Leisure Tourists’ Return Intention to Ho Chi Minh City, Vietnam — A Mediation Analysis of Destination Satisfaction. International Journal of Trade, Economics and Finance, 5(6), 490–496. https://doi.org/10.7763/ijtef.2014.v5.421

Kim, S., Park, J. H., Lee, D. K., Son, Y., Yoon, H., Kim, S., … Yoon, H. (2017). The impacts of weather on tourist satisfaction and revisit intention: a study of South Korean domestic tourism. Asia Pacific Journal of Tourism Research, 0(0), 1–14. https://doi.org/10.1080/10941665.2017.1357640

Kotler, P., & Armstrong, G. (2016). Prinsip-prinsip Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Kotler, P., & Keller, K. (2016). Marketing management (15 ed.). England: Pearson Education, Inc.

Liro, J. (2020). Visitors ’ motivations and behaviours at pilgrimage centres : push and pull perspectives. Journal of Heritage Tourism, 1–22. https://doi.org/10.1080/1743873X.2020.1761820

Liro, J., Sołjan, I., & Bilska-Wodecka, E. (2017). Visitors’ diversified motivations and behavior–the case of the pilgrimage center in Krakow (Poland). Journal of Tourism and Cultural Change, 16(4), 416–435. https://doi.org/10.1080/14766825.2017.1332068

Liro, J., Sołjan, I., & Bilska-Wodecka, E. (2018). Spatial changes of pilgrimage centres in pilgrimage studies: A review and contribution to future research. International Journal of Religious Tourism and Pilgrimage, 6(3), 5–17.

Lustono, & Permatasari, K. D. (2022). Pengaruh Media Sosial, Aksesibilitas, Fasilitas, Event Pariwisata, dan Daya Tarik Wisata Terhadap Minat Kunjung Wisatawan di Desa Wisata Pagak, Banjarnegara. MEDIKONIS: Jurnal Media Komunikasi dan Bisnis, 13(1), 41–52.

Mahendra, D. M., & Althalets, F. (2022). Pengaruh Pengembangan Destinasi Wisata Terhadap Minat Kunjungan Wisatawan Pada Desa Pela Kecamatan Kota Bangun Kabupaten Kutai Kartanegara. ETNIK: Jurnal Ekonomi - Teknik, 1(4), 306–316.

Marpaung, B. (2019). Pengaruh Daya Tarik, Kualitas Pelayanan, Fasilitas Dan Keselamatan Dengan Kepuasan Wisatawan Sebagai Variabel Intervening Terhadap Minat Kunjungan Ulang Wisatawan. Jurnal Penelitian Manajemen, 1(2), 144–156. Diambil dari file:///C:/Users/Perpus STIE/Downloads/294-Article Text-848-1-10-20200611.pdf

Marsono, Prihantara, F., Irawan, P., & Sari, Y. K. (2016). Dampak Pariwisata Religi Kawasan Masjid Sunan Kudus Terhadap Ekonomi Lingkungan Dan Sosial Budaya. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Miarsih, G. S., & Anwani. (2018). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Berkunjung Wisatawan Ke Obyek Wisata Religi Masjid Gedhe Kauman Yogyakarta. Journal of Tourism and Economic, 1(2), 117–123.

Munawwir, A. W. (2002). Kamus Al Munawwir ;Arab Indonesia terlengkap. Surabaya: Pustaka Progressif.

Muthmainnah, S. R., & Rubiyanti, R. N. (2020). Pengaruh Faktor Pendorong Dan Penarik Minat Wisata Halal Ke Luar Negeri Dengan Religiusitas Sebagai Variabel Moderator. Jurnal Penelitian Ilmu Manajemen (JPIM), 5(3), 274–285.

Naumov, N. (2020). Contemporary Christian travel – pilgrimage, practice and place. Current Issues in Tourism, 23(3), 390–392. https://doi.org/10.1080/13683500.2019.1637106

Nikjoo, A. H., & Ketabi, M. (2015). The role of push and pull factors in the way tourists choose their destination. Anatolia : An International Journal of Tourism and Hospitality Research, (April), 1–12. https://doi.org/10.1080/13032917.2015.1041145

Ningtiyas, E. A., Alvianna, S., Hidayatullah, S., & Sutanto, D. H. (2021). Analisis pengaruh attraction, accessibility, amenity, ancillary terhadap minat berkunjung wisatawan melalui loyalitas wisatawan sebagai variabel mediasi. Media Wisata, 19(1), 83–96. https://doi.org/10.36275/mws

Padin, C., Svensson, G., & Wood, G. (2016). A model of pilgrimage tourism: process, interface, people and sequence. European Business Review, 28(1), 77–95. https://doi.org/10.1108/EBR-01-2015-0003

Prajawati, M. I. (2019). Competitiveness of Sharia Tourism Destination. Management and economics journal, 4(1), 73–80. https://doi.org/10.18860/mec-j.v4i1.5824

Ramadhani, S. A., Setiawan, H., & Rini. (2021). Analisis Pengaruh Atraksi Wisata, dan Ancillary Service terhadap Minat Kunjung Ulang pada Objek Wisata Bukit Siguntang. Jurnal Terapan Ilmu Ekonomi, Manajemen dan Bisnis, 1(3), 124–133.

Robbins, S. P., & Judge, T. A. (2015). Perilaku Organisasi. Jakarta: Salemba Empat.

Santoso, S. (2016). Panduan Lengkap SPSS Versi 23. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Schiffman, L., & Kanuk, L. L. (2018). Perilaku Konsumen. Jakarta Barat: PT INDEKS.

Sihombing, D. A., & Misna. (2021). Analisis Niat Kunjungan Kembali Wisatawan Domestik Ke Kota Batam. Jurnal Pemasaran Kompetitif, 04(2), 143–156.

Silalahi, U. (2018). Metode Penelitian Sosial. Bandung: Refika Aditama.

Sołjan, I., & Liro, J. (2020). The changing roman catholic pilgrimage centres in Europe in the context of contemporary socio-cultural changes. Social and Cultural Geography, 23(3), 380–403. https://doi.org/10.1080/14649365.2020.1739322

Subadra, I. N., Sutapa, I. K., Artana, I. W. A., Yuni, L. K. H. K., & Sudiarta, M. (2019). Investigating Push And Pull Factors Of Tourists Visiting Bali As A World Tourism Destination. International Journal Of Multidisciplinary Educational Research, 8(8), 253–269. https://doi.org/10.6084/m9.figshare.9916247

Silitonga, F., Wibowo, A. E., Siska Amelia Maldin, Baktivillo Sianipar, & Mohamad Nur Afriliandi Nasution. (2023). PENGEMBANGAN OBJEK WISATA SEBAGAI INVESTASI MASYARAKAT DI PULAU LANCE BATAM. JURNAL KEKER WISATA, 1(1), 1–11. Retrieved from https://jurnal.btp.ac.id/index.php/jurnalkekerwisata/article/view/93

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tan, W. (2016). Repeat visitation : A study from the perspective of leisure constraint, tourist experience, destination images, and experiential familiarity. Journal of Destination Marketing & Management, 1–10. https://doi.org/10.1016/j.jdmm.2016.04.003

Terzidou, M., Scarles, C., & Saunders, M. N. K. (2018). Annals of Tourism Research The complexities of religious tourism motivations: Sacred places, Abdullah, T. (2017). Penilaian Wisatawan akan Atribut Pariwisata di Kota Batu. Tourism and Hospitality Essentials (THE) Journal, 7(2), 91–96.

Afriesta, C. L. B., Kurniawan, H. E., & Ekasiwi, S. N. N. (2020). Korelasi Antara Push dan Pull Factor Wisata Kawasan dan Bangunan Bersejarah. Jurnal Pariwisata Terapan, 4(1), 1–11.

Ajzen, I. (2012). The theory of planned behavior. Handbook of Theories of Social Psychology: Volume 1, (July), 438–459. https://doi.org/10.4135/9781446249215.n22

Alfitriani, Putri, W. A., & Ummasyroh. (2021). Pengaruh Komponen 4A Terhadap Minat Kunjung Ulang Wisatawan Pada Destinasi Wisata Bayt Al-Qur’an Al-Akbar Kota Palembang. JAMB: Jurnal Aplikasi Manajemen & Bisnis, 1(2), 66–77.

Amaro, S., Antunes, A., & Henriques, C. (2018). A closer look at Santiago de Compostela’s pilgrims through the lens of motivations. Tourism Management, 64, 271–280. https://doi.org/10.1016/j.tourman.2017.09.007

Badan Pengusahaan Batam. (2022). Batam adalah pulau dengan sejuta peluang pada berbagai sektor. Salah satu yang tidak boleh terlewatkan adalah sektor pariwisata. Diambil 8 September 2022, dari https://bpbatam.go.id/tentang-batam/destinasi-wisata/

Badan Pusat Statistik Indonesia. (2022). Pariwisata. Diambil 8 September 2022, dari https://www.bps.go.id/subject/16/pariwisata.html#subjekViewTab3

Badan Pusat Statistik Kota Batam. (2022). Wisatawan Mancanegara Ke Kota Batam Menurut Kebangsaan. Diambil 8 September 2022, dari https://batamkota.bps.go.id/indicator/16/91/1/wisatawan-mancanegara-ke-kota-batam-menurut-kebangsaan.html

Bahrudin, A. (2017). Inovasi Daerah Sektor Pariwisata (Studi Kasus Inovasi Pembangunan Pariwisata Kab Purworejo Jawa Tengah). Mimbar Administrasi, 1(1), 50–69.

Wijaya, I. M. S., & Silitonga, F. (2023). THE ROLE OF LEADERSHIP, ORGANIZATIONAL CULTURE, COMPETENCE AND MOTIVATION TOWARD EMPLOYEE COMMITMENT AND ITS IMPLICATIONS ON EMPLOYEE PERFORMANCE IN PT TELKOM HEAD OFFICE. JURNAL CAFETARIA, 4(1), 185-199.

Baniya, R. (2017). Push and Pull Factors and their effects on International Tourists ’ Revisit Intention to Nepal. The GAZE Journal of Tourism and Hospitality, 8(July), 20–39. https://doi.org/10.3126/gaze.v8i0.17830

Baptista, E. A., Saldanha, E. D. S., & Vong, M. F. (2020). The Mediating Effect of Tourist Satisfaction among Pull and Push Factors on Tourists’ Behavioural Intentions. Timor-Leste Journal of Business and Management, 2(1), 66–70.

Bond, N., Packer, J., & Ballantyne, R. (2014). Exploring Visitor Experiences, Activities and Benefits at Three Religious Tourism Sites. International Journal of Tourism Research, 17(5), 471–481. https://doi.org/10.1002/jtr

Nasution, M. N. A., Hendra Syaiful, Agung Edy, & Frangky. (2022). PERANAN MOTIVASI SEBAGAI FAKTOR PENDORONG MINAT KUNJUNGAN WISATAWAN MANCANEGARA. JURNAL MENATA, 1(2), 59–79. Retrieved from https://jurnal.btp.ac.id/index.php/menata-btp/article/view/91

Buhalis, D. (2000). Marketing the competitive destination of the future. Tourism Management, 21, 97–116.

Bungin, B. (2016). Penelitian Kualitatif: Komunikasi, Ekonomi, Kebijakan Publik, dan Ilmu Sosial lainnya. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Chahal, H., & Devi, A. (2015). Destination Attributes and Destination Image Relationship in Volatile Tourist Destination: Role of Perceived Risk. Metamorphosis, 14(2), 1–19. https://doi.org/10.1177/0972622520150203

Chaliq, A. (2011). Manajemen haji dan wisata religi. Jakarta: Mitra Cendekia.

Cooper, C., Fletcher, J., Gilbert, D., Fyall, A., & Wanhill, S. (2008). Tourism: Principles and Practice (4 ed.). London: Pearson Education, Inc.

Dessler, G. (2015). Fundamentals of Human Resource Management. England: Pearson.

Engel, J. F., Blackwell, R. D., & Miniard, P. W. (2013). Perilaku Konsumen. Tangerang: Binarupa Aksara.

Gazalba, S. (1982). Mesjid, pusat ibadat dan kebudayaan Islam. Jakarta: Pustaka Antara.

Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisis Multivarians Dengan Program IBM SPSS 23, Cetakan III. Semarang: Badan Penerbit Undip.

Harianto, S. P., Tsani, M. K., Santoso, T., Masruri, N. W., & Winarno, G. D. (2021). Penilaian Wisatawan Terhadap Komponen Destinasi Wisata: Atraksi, Amenitas, Aksesibilitas dan Pelayanan Tambahan Pada Objek Wisata Kebun Raya Liwa. Jurnal Ilmu Kehutanan, 15(1), 13–27. https://doi.org/10.22146/jik.v15i1.1515

Hermawan, D., Nurdin, B. V., & Hutagalung, S. S. (2022). Changes in Tourist Interests During a Pandemic: A Study of Travel Choices and Motivations Post COVID-19 Pandemic. Proceedings of the Universitas Lampung International Conference on Social Sciences (ULICoSS 2021), 628, 1–5. https://doi.org/10.2991/assehr.k.220102.069

Holloway, J. C., & Humphreys, C. (2016). The business of tourism. New York: Pearson Education, Inc.

Judisseno, R. K. (2017). Aktivitas dan kompleksitas kepariwisataan: suatu tinjauan tentang kebijakan pengembangan kepariwisataan. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Juliadi. (2007). Masjid Agung Banten, Nafas Sejarah dan Budaya. Yogyakarta: Ombak.

Kemenparekraf. (2022). Tahun pemulihan pariwisata, 550 juta wisatawan nusantarabakal wara-wiri tahun ini. Diambil 8 September 2022, dari https://pedulicovid19.kemenparekraf.go.id/tahun-pemulihan-pariwisata-550-juta-wisatawan-nusantara-bakal-wara-wiri-tahun-ini/

Kepri.antaranews.com. (2022). Batam Perbanyak destinasi Wisata Seiring Peningkatan Wisman. Diambil 25 Oktober 2022, dari https://kepri.antaranews.com/berita/122481/batam-perbanyak-destinasi-wisata-seiring-peningkatan-wisman

Khuong, M. N., & Ha, H. T. T. (2014). The Influences of Push and Pull Factors on the International Leisure Tourists’ Return Intention to Ho Chi Minh City, Vietnam — A Mediation Analysis of Destination Satisfaction. International Journal of Trade, Economics and Finance, 5(6), 490–496. https://doi.org/10.7763/ijtef.2014.v5.421

Kim, S., Park, J. H., Lee, D. K., Son, Y., Yoon, H., Kim, S., … Yoon, H. (2017). The impacts of weather on tourist satisfaction and revisit intention: a study of South Korean domestic tourism. Asia Pacific Journal of Tourism Research, 0(0), 1–14. https://doi.org/10.1080/10941665.2017.1357640

Kotler, P., & Armstrong, G. (2016). Prinsip-prinsip Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Kotler, P., & Keller, K. (2016). Marketing management (15 ed.). England: Pearson Education, Inc.

Liro, J. (2020). Visitors ’ motivations and behaviours at pilgrimage centres : push and pull perspectives. Journal of Heritage Tourism, 1–22. https://doi.org/10.1080/1743873X.2020.1761820

Liro, J., Sołjan, I., & Bilska-Wodecka, E. (2017). Visitors’ diversified motivations and behavior–the case of the pilgrimage center in Krakow (Poland). Journal of Tourism and Cultural Change, 16(4), 416–435. https://doi.org/10.1080/14766825.2017.1332068

Liro, J., Sołjan, I., & Bilska-Wodecka, E. (2018). Spatial changes of pilgrimage centres in pilgrimage studies: A review and contribution to future research. International Journal of Religious Tourism and Pilgrimage, 6(3), 5–17.

Lustono, & Permatasari, K. D. (2022). Pengaruh Media Sosial, Aksesibilitas, Fasilitas, Event Pariwisata, dan Daya Tarik Wisata Terhadap Minat Kunjung Wisatawan di Desa Wisata Pagak, Banjarnegara. MEDIKONIS: Jurnal Media Komunikasi dan Bisnis, 13(1), 41–52.

Mahendra, D. M., & Althalets, F. (2022). Pengaruh Pengembangan Destinasi Wisata Terhadap Minat Kunjungan Wisatawan Pada Desa Pela Kecamatan Kota Bangun Kabupaten Kutai Kartanegara. ETNIK: Jurnal Ekonomi - Teknik, 1(4), 306–316.

Marpaung, B. (2019). Pengaruh Daya Tarik, Kualitas Pelayanan, Fasilitas Dan Keselamatan Dengan Kepuasan Wisatawan Sebagai Variabel Intervening Terhadap Minat Kunjungan Ulang Wisatawan. Jurnal Penelitian Manajemen, 1(2), 144–156. Diambil dari file:///C:/Users/Perpus STIE/Downloads/294-Article Text-848-1-10-20200611.pdf

Marsono, Prihantara, F., Irawan, P., & Sari, Y. K. (2016). Dampak Pariwisata Religi Kawasan Masjid Sunan Kudus Terhadap Ekonomi Lingkungan Dan Sosial Budaya. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Miarsih, G. S., & Anwani. (2018). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Berkunjung Wisatawan Ke Obyek Wisata Religi Masjid Gedhe Kauman Yogyakarta. Journal of Tourism and Economic, 1(2), 117–123.

Munawwir, A. W. (2002). Kamus Al Munawwir ;Arab Indonesia terlengkap. Surabaya: Pustaka Progressif.

Muthmainnah, S. R., & Rubiyanti, R. N. (2020). Pengaruh Faktor Pendorong Dan Penarik Minat Wisata Halal Ke Luar Negeri Dengan Religiusitas Sebagai Variabel Moderator. Jurnal Penelitian Ilmu Manajemen (JPIM), 5(3), 274–285.

Naumov, N. (2020). Contemporary Christian travel – pilgrimage, practice and place. Current Issues in Tourism, 23(3), 390–392. https://doi.org/10.1080/13683500.2019.1637106

Nikjoo, A. H., & Ketabi, M. (2015). The role of push and pull factors in the way tourists choose their destination. Anatolia : An International Journal of Tourism and Hospitality Research, (April), 1–12. https://doi.org/10.1080/13032917.2015.1041145

Ningtiyas, E. A., Alvianna, S., Hidayatullah, S., & Sutanto, D. H. (2021). Analisis pengaruh attraction, accessibility, amenity, ancillary terhadap minat berkunjung wisatawan melalui loyalitas wisatawan sebagai variabel mediasi. Media Wisata, 19(1), 83–96. https://doi.org/10.36275/mws

Padin, C., Svensson, G., & Wood, G. (2016). A model of pilgrimage tourism: process, interface, people and sequence. European Business Review, 28(1), 77–95. https://doi.org/10.1108/EBR-01-2015-0003

Prajawati, M. I. (2019). Competitiveness of Sharia Tourism Destination. Management and economics journal, 4(1), 73–80. https://doi.org/10.18860/mec-j.v4i1.5824

Ramadhani, S. A., Setiawan, H., & Rini. (2021). Analisis Pengaruh Atraksi Wisata, dan Ancillary Service terhadap Minat Kunjung Ulang pada Objek Wisata Bukit Siguntang. Jurnal Terapan Ilmu Ekonomi, Manajemen dan Bisnis, 1(3), 124–133.

Robbins, S. P., & Judge, T. A. (2015). Perilaku Organisasi. Jakarta: Salemba Empat.

Santoso, S. (2016). Panduan Lengkap SPSS Versi 23. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Schiffman, L., & Kanuk, L. L. (2018). Perilaku Konsumen. Jakarta Barat: PT INDEKS.

Sihombing, D. A., & Misna. (2021). Analisis Niat Kunjungan Kembali Wisatawan Domestik Ke Kota Batam. Jurnal Pemasaran Kompetitif, 04(2), 143–156.

Silalahi, U. (2018). Metode Penelitian Sosial. Bandung: Refika Aditama.

Sołjan, I., & Liro, J. (2020). The changing roman catholic pilgrimage centres in Europe in the context of contemporary socio-cultural changes. Social and Cultural Geography, 23(3), 380–403. https://doi.org/10.1080/14649365.2020.1739322

Subadra, I. N., Sutapa, I. K., Artana, I. W. A., Yuni, L. K. H. K., & Sudiarta, M. (2019). Investigating Push And Pull Factors Of Tourists Visiting Bali As A World Tourism Destination. International Journal Of Multidisciplinary Educational Research, 8(8), 253–269. https://doi.org/10.6084/m9.figshare.9916247

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tan, W. (2016). Repeat visitation : A study from the perspective of leisure constraint, tourist experience, destination images, and experiential familiarity. Journal of Destination Marketing & Management, 1–10. https://doi.org/10.1016/j.jdmm.2016.04.003

Terzidou, M., Scarles, C., & Saunders, M. N. K. (2018). Annals of Tourism Research The complexities of religious tourism motivations: Sacred places, vows and visions. Annals of Tourism Research, 70(February), 54–65. https://doi.org/10.1016/j.annals.2018.02.011

Utama, I. G. B. R. (2017). Pemasaran Pariwisata. Yogyakarta: Andi.

Wang, W., Chen, J. S., & Huang, K. (2015). Religious Tourist Motivation in Buddhist Mountain: The Case from China. Asia Pacific Journal of Tourism Research, 21(1), 57–72. https://doi.org/10.1080/10941665.2015.1016443

Downloads

Published

21-02-2023

How to Cite

Syaiful, H., Wibowo, A. E., & Mohamad Nur Afriliandi Nasution. (2023). PENGARUH MOTIVASI TERHADAP MINAT KUNJUNGAN ULANG WISATAWAN MANCANEGARA: PERSPEKTIF FAKTOR PENARIK . JURNAL MANAJEMEN KULINER, 2(1), 54–72. https://doi.org/10.59193/jmn.v2i1.136

Issue

Section

FEBRUARI 2023