RESTAURANT AND CAFE MARKETING STRATEGY ON INSTAGRAM: TIBAN BATAM CULINARY BUSINESS ANALYSIS
DOI:
https://doi.org/10.59193/jmn.v4i1.357Keywords:
Pemasaran Instagram, Restoran, Kafe, Keputusan Konsumen, Bisnis KulinerAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pemasaran restoran dan kafe melalui Instagram terhadap keputusan konsumen untuk mengunjungi bisnis kuliner di daerah Tiban, Kota Batam. Latar belakang penelitian ini didorong oleh peningkatan penggunaan media sosial, khususnya Instagram, sebagai alat pemasaran yang efektif di industri kuliner. Instagram memungkinkan pengusaha kuliner untuk mempromosikan produk mereka secara visual dengan cepat dan menarik, yang dapat mempengaruhi perilaku konsumen. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kuantitatif, yang melibatkan survei kepada 100 konsumen yang aktif mengikuti akun Instagram restoran dan kafe di daerah Tiban. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner dan wawancara, sedangkan teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif untuk melihat pengaruh pemasaran melalui Instagram terhadap keputusan konsumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jenis konten Instagram, seperti video proses pembuatan makanan, infografis promo, dan foto makanan, memiliki pengaruh signifikan terhadap keputusan konsumen untuk mengunjungi restoran atau kafe. Video dan infografis terbukti lebih menarik perhatian dan meningkatkan interaksi dengan pengikut, yang pada gilirannya mendorong pengunjung untuk datang. Frekuensi posting dan respons terhadap komentar juga berperan penting dalam memperkuat hubungan dengan audiens. Kesimpulannya, pemasaran melalui Instagram terbukti efektif dalam menarik konsumen untuk mengunjungi restoran dan kafe di Tiban, Batam. Oleh karena itu, pengusaha kuliner disarankan untuk memanfaatkan Instagram secara optimal dengan fokus pada jenis konten yang menarik dan meningkatkan interaksi dengan pengikut.
Downloads
References
Anggraini, K., Sewaka, & Rahmayanti. (2024). Penggunaan Instagram Dalam Mempromosikan Coffee Shop Kopiluvium Di Pamulang, Kota Tangerang Selatan. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 4(4), 8573–8588.
Asikin, N., Pristiwasa, I. W. T. K., & Lubis, A. L. (2024). Pengaruh Media Sosial Instagram Terhadap Penjualan Kamar di Beverly Hotel Batam. Pariwisata Budaya: Jurnal Ilmiah Pariwisata Agama Dan Budaya, 9(1), 101–116.
Fahrezi, M. A., Mushauwir, A. Al, Rahman, W. N., & Fitroh. (2022). Systematic Literature Review: Peran Hashtag dalam Meningkatkan Visibilitas Konten Sosial Media (Studi Kasus: Instagram). Jurnal Sains Pemasaran …, 21(2), 142–153. Retrieved from https://ejournal.undip.ac.id/index.php/jspi/article/view/46663
Fatimah, Z., Lubis, A. L., & Supardi, S. (2024). Analisis Perhitungan Harga Pokok Produksi Dalam Penentuan Harga Jual Makanan Pada UMKM RM Nasi Kapau Pak Nin. Remittance: Jurnal Akuntansi Keuangan Dan Perbankan, 5(1), 62–67. https://doi.org/10.56486/remittance.vol5no1.448
Fauzi, I., & Pratiwi, N. M. I. (2025). Strategi Branding Online melalui Konten Kreatif untuk Meningkatkan Daya Saing Produk Rawon Kluwek Surabaya. Jurnal Riset Manajemen Dan Ekonomi, 3(1), 363–371.
Felinda, V., & Lubis, A. L. (2024). Planning for Publication Development on Room Sales in Sevenz Apartment. Media Wisata, 22(2), 309–323. https://doi.org/10.36276/mws.v22i2.737
Handika, M. R., & Darma, G. S. (2018). Strategi Pemasaran Bisnis Kuliner Menggunakan Influencer Melalui Media Sosial Instagram. Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 15(2), 192–203. Retrieved from http://journal.undiknas.ac.id/index.php/magister-manajemen/
Haryanto, R., Setiawan, A., Nurhayati, R., Mertayasa, I. G. A., & Nugraha, A. R. (2024). Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran Di Era Society 5.0: Sebuah Literature Review. Edunomika, 08(02), 1–10.
Mario, M. R. W. (2024). Ketertarikan Konsumen Melalui Testimoni dan Video Review di Media Sosial Instagram dan TikTok @ adamasanya. Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Manajemen, 2(7), 811–819. https://doi.org/https://doi.org/10.61722/jiem.v2i7.2284
Mau, D. P., Mahmudi, Mau, Y. P., & Artana, I. W. A. (2024). Pengaruh Media Sosial Terhadap Keputusan Konsumen Dalam Memilih Destinasi Wisata Kuliner di Kota Surabaya. Jurnal Pro Bisnis, 17(2), 82–96.
Maulana, I., & Aprianti, K. (2022). Pengaruh Promosi Melalui Media Sosial Instagram Terhadap Keputusan Pembelian di Cafe Fix La Luna Kota Bima. Jurnal Ekonomi Dan Kewirausahaan, 21(3), 249–255. https://doi.org/10.33061/jeku.v21i3.6899
Nanda Barizki, R., & Apriani, Y. (2024). Strategi Konten Kreatif Doteens Dalam Meningkatkan Audience Engagement Melalui Instagram. Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 5(1), 29–36. https://doi.org/https://doi.org/10.55122/kom57.v5i1.1255
Ripjan, M., Kusumadinata, A. A., & Ruhimat. (2024). Food Photography Dalam Promosi di Groovy Space. JIIC: Jurnal Intelek Insan Cendikia, 1(6), 2175–2186. Retrieved from https://jicnusantara.com/index.php/jiic/article/view/840/944
Seffany, D., & Lubis, A. L. (2024). The Influence of Panda Kid’s Club Activities on Repeat Visit Intentions at Holiday Inn Resort, Batam City. Media Wisata, 22(2), 324–340. https://doi.org/10.36276/mws.v22i2.740
Setya, A. P., & Boer, K. M. (2024). Penggunaan Media Instagram Kopi Janji Jiwa Samarinda dalam Meningkatkan Customer Engagement. Jurnal Indonesia : Manajemen Informatika Dan Komunikasi, 5(1), 202–220. https://doi.org/10.35870/jimik.v5i1.452
Susilawati, Lubis, A. L., Amalia, E., & Gunawan, A. A. (2024). Penerapan Sistem Menu Engineering Dalam Upaya Mengklasifikasikan Menu Pada Solusi Coffee & Resto Kota Batam. Media Bina Ilmiah, 19(4), 4291–4302. Retrieved from http://binapatria.id/index.php/MBI/article/view/1072
Winny, Wibowo, A. E., & Lubis, A. L. (2024). The Influence of Location on the Decision To Stay at Swiss-Belhotel Harbor Bay. Jurnal Manajemen Pelayanan Hotel, 08(01), 302–318. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.37484/jmph.080118 The
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Arina Luthfini Lubis, Miratia Afriani

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.