PERAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL DAN STRATEGI MANAJEMEN KONFLIK DALAM MENINGKATKAN KINERJA KARYAWAN DIINDUSTRI KULINER DAN LAYANAN
DOI:
https://doi.org/10.59193/jmn.v4i2.434Keywords:
komunikasi interpersonal, manajemen konflik, kinerja karyawan, industri kuliner, komunikasi asertifAbstract
Komunikasi interpersonal dan manajemen konflik merupakan dua komponen penting dalam menciptakan iklim kerja yang sehat dan produktif, khususnya di sektor industri kuliner dan layanan yang mengandalkan interaksi intensif antarkaryawan. Studi ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana komunikasi interpersonal yang efektif serta strategi manajemen konflik dapat meningkatkan kinerja karyawan. Pendekatan yang digunakan adalah studi pustaka dengan menganalisis berbagai jurnal, artikel ilmiah, dan hasil penelitian sebelumnya yang membahas komunikasi kerja, negosiasi, serta dinamika konflik organisasi. Hasil analisis menunjukkan bahwa komunikasi interpersonal yang positif berdampak langsung pada peningkatan kinerja individu dan loyalitas karyawan. Sementara itu, strategi manajemen konflik yang tepat—seperti kolaborasi, kompromi, dan komunikasi asertif—berperan dalam menciptakan solusi yang konstruktif serta meningkatkan efektivitas kerja tim. Penelitian ini merekomendasikan pentingnya pelatihan komunikasi dan pengelolaan konflik secara berkelanjutan dalam industri jasa, khususnya bidang kuliner yang memiliki dinamika kerja tinggi.
Downloads
References
fni, R., Manurung, R., Tambunan, S. M., Tambunan, S. G., & Nirmala, Y. (2024). Pelatihan Komunikasi Untuk Menghadapi Dunia Kerja Pada Perguruan Tinggi Akademi Pariwisata Medan Hotel School. ORAHUA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(02), 1–5.
Dian, P., & Rini, K. (2023). Konflik, Negosiasi, dan Manajemen Stres dalam Bisnis Cwie Mie. JAMI: Jurnal Ahli Muda Indonesia, 4(2), 191–199.
Farhan, M., Aini, N., Cahyaningsih, R., Reynanda, R., & Sari, V. N. (2024). Konflik Antar Karyawan Akibat Perbedaan Pendapat dan Ketidakcocokan Kerja di Warung Pecel Lele Mbak Atik Wong Solo. Jurnal Pengabdian Sosial, 1(9), 1097–1104.
Fatyandri, A. N., Chanada, E., Riady, F., Salim, K., Nicholas, V., Ekonomi, F., Manajemen, J., & Batam, U. I. (2022). Manajemen Konflik dan Teknik Negosiasi yang Baik dan Tepat dalam Dunia Industri Makanan dan Minuman. YUME: Journal of Management, 5(3), 436–440.
Fatyandri, A. N., Shofiyah, S., Fitriana, A., Fajar, I. A., Maharani, T., & Valentino, J. (2023). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Negosiasi Dan Manajemen Konflik Pada Industri Manufaktur Dan Industri Makanan Olahan. PRIMER : Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(1), 16–23.
Firdayanti, F., Ahmad, J., & Ramly, A. T. (2023). Pengaruh Gaya Kepemimpinan, Komunikasi, dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada Restoran Kedai Kita Bogor. MANAJEMEN IKM, 18(2), 190–195.
Kendari, D., & Tenggara, S. (2024). Gaya Komunikasi Pimpinan di New’s Fried Chicken.
Nadya Venska Gunawan, Fajrillah, & Ginting, R. S. I. (2022). Analisis Motivasi, Konflik Peran, Lingkungan Kerja Dan Stress Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Di Cafe GO POGO Medan. Manajemen: Jurnal Ekonomi, 4(1), 54–67.
Putri, N., Bau, A., Bantulu, L., & Modjo, M. L. (n.d.). Kesalahan Komunikasi Antara Sales Department Dengan F & B Service Dalam Menangani Event Di Banquet Section Grand Q Hotel Gorontalo.
Rachmawati, D. W., Novianti, T., & Kusumaningrum, A. (2025). Komunikasi Asertif dan Penggunaan Media Sosial dalam Menghadapi Dunia Usaha dan Dunia Kerja. 4, 36–44.
Rahmi, S. P., & Putra, T. (2020). Pengaruh Komunikasi Interpersonal Terhadap Kinerja Karyawan Departemen F&B Di Hotel Le Meridien Jakarta.
Wicaksana, M. A. W., Umar, M. F. R., & Nurhikmah, N. (2024). Pengaruh Komunikasi Interpersonal Terhadap Consumer Satisfaction Pelanggan Rumah Makan Buguri. Jurnal Psikologi Karakter, 4(1), 191–197.
Widyastuti, T. (2017). Pengaruh Komunikasi Asertif Terhadap Pengelolaan Konflik. Widya Cipta Jurnal Sekretari Dan Manajemen, 1(1), 1–7.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Tria Juregi, Marintan Yuni

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.